Disporapar Kalbar Gelar Genpi Camp di Danau Laet

oleh -646 views
Genpi Kalbar

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar menggelar ‘Genpi Camp’ yang merupakan ajang untuk pengutan kapasitas komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) yang ada di Kalbar dalam rangka untuk menciptakan SDM yang peduli dengan lingkungan sebagai modal dasar bagian kemajuan pariwisata Indonesia.

“Pelaksanaan Genpi Camp pada 12- 13 Mei 2018 di obyek wisata Danau Laet, Desa Subah, Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar. Adapun pesertanya dari Genpi di kabupaten kota di Kalbar, Pokdarwis dan komunitas yang fokus di wisata,” ujar Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Kalbar, Medya Yanuar Abdullah di Pontianak, Kamis (10/5/2018).

Medya menjelaskan Genpi Camp akan dilakukan di lapangan dan peserta akan tidur di dalam dalam tenda. Melalui konsep ‘creative, fun and colorfull’ peserta akan benar-benar diberikan pemahaman dan dibekali ilmu bahwa air, hutan dan isinya termaksud satwa dilindungi di dalamnya merupakan bagian dari potensi dan objek pariwisata unggulan yang ada di Kalbar sebagai heart of borneo.

“Kembali, kita hadirkan Genpi Camp agar peserta dari Genpi terkait dengan lingkungan dan alam sebagai objek pariwisata dengan semangat relawan, komunitas yang berjejaring secara nasional dengan memanfaatkan promosi pariwisata melalui media sosial di era digital,” papar dia.

Ia merincikan peserta akan diberikan materi berupa pengetahuan tentang bagaimana potensi keanekaragaman hayati yang dimiliki borneo seperti hutan dan isinya merupakan potensi dan daya tarik pariwisata di Kalbar.

“Bentuk kagiatan akan dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi, fun learning, field trip, malam pargelaran budaya, bakti sosial, dan selebrasi peluncuran Genpi Kalbar,” kata dia.

Untuk field trip atau studi di lapanagn peserta di ajak untuk melakukan observasi dan pengamatan biodiversity di objek wisata Danau Laet dengan mengelilingi danau menggunakan speed boat. Kemudian untuk malam pergelaran seni dan budaya peserta akan disuguhkan atraksi budaya lokal seperti tarian dayak dengan prolog, musik etnic serta atraksi kesenian lainnya di mana peserta juga akan dilibatkan langsung dalam atraksi tersebut.

“Di malam pergelaran budaya ini, semua yang hadir juga akan disuguhkan kuliner khas masyarakat lokal yang dibalut oleh suasana alam hutan tropis Kalimantan,” katanya.

Lanjutnya, untuk fun learning kegiatan akan dibungkus dengan aktivitas permainan yang dikemas dengan apik dan mengandung unsur pembelajaran.

Peserta akan diberikan suatu permainan yang bersifat merangsang peserta untuk melakukan komunikasi, penyelesaian masalah, kepemimpinan, dan kerjasama.

“Untuk peresmian Genpi Kalbar sendiri dilakukan dengan selebrasi secara bersama. Rangkaian kegiatan ini akan diiringi menyanyikan lagu indonesia raya, sambutan, peluncuran logo Genpi dengan ditandai pemukulan gong dayak dan ditutup dengan lagu pesona Indonesia yang dibawakan secara bersama – sama,” kata dia.

Tidak kalah menarik menurutnya, Genpi Camp juga akan dirangkai dengan bakti sosial dalam bentuk pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar Danau Laet.

Dalam baksos tersebut akan ada tim medis dari UPT Poli klinik Provinsi Kalbar dengan melibatkan tiga orang dokter dan sepuluh tenaga medis.

Dalam Genpi Camp juga akan dihadiri dari pihk Kempar, Pengurus Genpi Nasional, Disporapar Provinsi dan kabupaten, atau kota yang di Kalbar.

Ia berharap agar Genpi ke depan baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten yang ada di Kalbar dengan gencar mempromosikan destinasi wisata dan kegiatan yang ada Kalbar melalui sosial media.

“Dengan nantinya mereka saling bersinergi antar kabupaten kota se – Kalbar, bahkan koneksinya sampai ke Genpi Nasional dan Genpi yang telah di bentuk provinsi lainnya sehingga informasi tentang pariwisata yang ada di Kalbar dapat diketahui melalui sosial media seperti instagram, twitter atau facebook,” harapnya.

Peserta yang akan ikut Genpi Camp nantinya otomatis menjadi anggota Genpi. Mereka merupakan pemuda – pemudi yang memiliki keahlian di masing – masing seperti di bidang fotografi, videografi, blog, youtube, design grafis, putra putri pariwisata dan lain-lain. (*/Noy)