Perkuat Promosi Wisata, Jewita Lantik Enam Pengurus Daerah

oleh -434 views
Suasana pelantikan pengurus daerah Jewita dalam rangkaian pembukaan Kalbar Extravaganza di halaman parkir Ayani Mall, Pontianak (4/5/2018)

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Jejaring Wisata (Jewita) Kalimantan Barat melantik enam pengurus daerah (chapter) dalam rangkaian pembukaan Kalbar Extravaganza di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Jumat (4/5/2018) siang.

Enam chapter yang dilantik tersebut diantaranya adalah Sambas, Singkawang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, dan Kayong Utara.

Direktur Jewita Kalbar, Aristono Edi Kiswantoro mengatakan, peran pengurus daerah ini dalam rangka memperkuat promosi pariwisata yang ada di Kalbar.

“Pembentukan pengurus di daerah agar promosi potensi wisata yang ada di Kalbar lebih maksimal,” ujar Aristono, Jumat sore.

Pada prinsipnya, sambung pria yang disapa Aris ini, kita ingin semua pihak berpartisipasi dalam mempromosikan kekayaan wisata Kalbar.

Aristono mengungkapkan, Kalbar memiliki kekayaan alam, budaya, kuliner dan lainnya.

Hanya saja, menurutnya perlu dimasifkan dalam hal penggalian potensi dan promosi sehingga Kalbar menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kalbar memiliki Tugu Khalustiwa, sungai terpanjang di Indonesai, Danau Sentarum, gunung, pantai dan air terjun serta lainnya. Itu kekayaaan kita harus dikenalkan keluar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Jewita Kalbar Chapter Kubu Raya, Ocsya Ade Chintawa Putra mengatakan bahwa Kubu Raya memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain.

“Kubu Raya kaya akan potensi wisata, baik itu alam maupun budaya. Bahkan, Kubu Raya memiliki hutan mangrove yang jenisnya terlengkap di Asia Tenggara,” ujar Ocysa.

Ketua Jewita Chapter Sambas Didip mengatakan, potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas tak dimiliki daerah lain, seperti pantai terpanjang penangkaran penyu di Indonesia.

Selain itu Sambas juga memiliki pesona alam baik pantai, pulau dan gunung serta lainnya.

“Sambas juga memiliki kebudayaan dan wisata sejarah yang patut dikunjungi. Kita memiliki hasil tenun yang sudah dikenal luas baik dinasional maupun mancanegara. Dengan potensi yang ada sehingga kami tertarik untuk membentuk Jewita di daerah,” kata Didip.

Ia menambahkan melalui Jewita Kalbar Chapter Sambas akan menjadi wadah dari pegiat dan pelaku wisata yang ada di Sambas untuk menggali potensi dan promosinya.

“Kita berharap dengan adanya komunitas ini promosi semakin luas dan masif. Tentunya dengan secara bersama banyak hal yang bisa dilakukan agar Sambas menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujarnya. (Noy)