Kemeriahan Pembukaan Pekan Gawai Dayak ke XXXIII Pontianak

oleh -1.698 views
Kemeriahan pembukaan Pekan Gawai Dayak ke 33 di Rumah Radakng Pontianak

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Perhelatan akbar Pekan Gawai Dayak (PGD) kembali digelar.

Tahun ini, perhelatan akbar masyarakat Dayak itu memasuki tahun yang ke 33 yang pembukaannya dipusatkan di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (20/5/2018).

Kegiatan pembukaan diawali dengan prosesi adat, yang tahun ini mengusung tradisi nuansa adat Dayak Ud Danum Sintang. Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmadji didaulat untuk melakukan pemotongan tebu sebelum memasuki acara. 

Kemeriahan pembukaan Pekan Gawai Dayak ke 33 di Rumah Radakng Pontianak

Dalam sambutannya, Dodi Riyadmadji mengatakan perhelatan gawai ini harus dikembangkan dan dilestarikan. 

“Pekan Gawai Dayak ini memiliki keunikan budaya dan dapat menjaga keharmonisan alam dan lingkungan,” ujar Dodi, Minggu siang. 

“Karena itu dalam kehidupan, sikap dan prilaku harus selalu berpegang teguh pada adat tradisi dan kearifan lokal,” tambahnya.

Kemeriahan pembukaan Pekan Gawai Dayak ke 33 di Rumah Radakng Pontianak

Sementara itu, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional, Cornelis mengatakan bahwa perhelatan gawai ini merupakan salah satu wujud eksistensi masyarakat Dayak dalam bidang seni dan budaya di kancah nasional maupun internasional. 

“Masyarakat Dayak harus tetap bersatu dan jangan sampai terpecah belah, terus jaga persaudaraan dan keharmonisan,” ujar Cornelis.