Pj Gubernur Kalbar: Meriam Karbit Angkat Khazanah Budaya Daerah

oleh -747 views
Dari kiri, Pangdam, Pj Gubernur, Kapolda, Pjs Wali Kota dan Sultan Pontianak memukul rebana membuka acara festival meriam karbit di Banjar Serasan, Pontianak, Kamis (14/6/2018) malam.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji menghadiri acara festival meriam karbit di bantaran Sungai Kapuas, Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kamis (14/6/2018) malam.

Dodi mengatakan festival meriam karbit yang menjadi ciri khas menyambut datangnya hari raya Idul Fitri bagi umat muslim merupakan tradisi turun temurun warga Kota Pontianak khususnya yang bertempat tinggal di tepian Sungai Kapuas.

“Di samping melestarikan permainan tradisional khas Kota Pontianak, festival meriam karbit dengan sendirinya akan mengangkat khazanah budaya daerah kita. Kegiatan ini juga akan semakin mempererat silaturahim seluruh warga masyarakat dan dan akan mendukung upaya pemerintah daerah di dalam pengembangan dan pemberdayaan sektor kepariwisataan kedepannya,” katanya.

Ia mengungkapkan, Pemprov Kalbar berbesar hati pada upaya pembangunan dan pemberdayaan potensi alam masyarakat di sekitar kawasan tepian Sungai Kapuas ini. Bersama pemerintah setempat, Pemprov berkeinginan agar masyarakat menyambut dan mensikapi hal ini dengan penuh kegairahan agar ide kreatif masyarakat dapat bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Sinergi unsur dunia usaha sektor kepariwisataan dapat menjadikan tepian Sungai Kapuas dengan ikon waterfront city-nya sebagai satu paket lintasan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara dengan melibatkan peran serta masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata tersebut,” jelasnya.

Dikatakannya, pemberian peran pada masyarakat akan menimbulkan rasa memiliki dan tanggungjawab sehingga program pembangunan akan terdukung dengan sendirinya.

Meriam karbit dengan dentumannya, hiasan, dekorasi, seni dan kekompakannya merupakan simbol irama kehidupan bahwa warga Kota Pontianak yang berbhineka senantiasa dapat bersatu di dalam mewujudkan tujuan pembangunan khususnya pembangunan di Kota Pontianak.

Acara festival meriam karbit juga dihadiri Sultan Pontianak, Kapolda, Pangdam, dan Pjs Wali Kota Pontianak. (*/qrf)