Pekan Gawai Dayak Tahun Ini Siap Digelar

oleh -1.233 views
Ketua PGD Andreas Lani, menunjukkan surat izin pelaksanaan Pekan Gawai Dayak ke-33 dari Polda Kalbar.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalimantan Barat ke-33, siap digelar. Acara adat masyarakat Dayak yang dilaksanakan setiap tahun ini, akan diselenggarakan di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada 20-24 Mei 2018.

Berbeda dari PGD sebelumnya yang dilaksanakan hingga seminggu bahkan lebih, Ketua PGD Andreas Lani menjelaskan, PGD dilaksanakan hanya lima hari dikarenakan beberapa pertimbangan.

“Melihat situasi dan kondisi Kalimantan Barat, pertama memang adanya agenda politik Pemilukada di daerah, yang kedua memang bertepatan dengan Ramadhan,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di Rumah Betang, Sabtu (12/5/2018).

Ia mengungkapkan, pelaksanaan PGD sudah memperoleh izin dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar. Selain kepolisian, Panitia PGD bekerja sama dengan elemen masyarakat lain dalam menyukseskan even ini.

Andreas mengatakan, PGD mengusung tema ‘Melalui Gawai Dayak, Kita Tingkatkan Soliditas dan Solidaritas Sosial’.

“Kita mengangkat sub tema, ‘Seni budaya Dayak sebagai perekat hidup berdampingan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam bingkai NKRI di Kalimantan Barat’,” sebutnya.

Ia menerangkan, meski pelaksanaannya lebih singkat, rangkaian acara PGD tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 20 Mei nanti, diperkirakan acara dibuka sekitar pukul 10.00 WIB.

“Dan display budaya kita mulai jam 13.00 WIB sampai selesai. Rutenya juga kurang lebih sama dengan (PGD) tahun lalu,” pungkasnya. (qrf)