Panitia PGD Tiadakan Lomba Ini untuk Hormati Umat Islam

oleh -1.086 views
Ria, Wakil Ketua III Panitia PGD Kalbar ke-33.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalimantan Barat ke-33 di Rumah Radakng, Pontianak, 20-24 Mei 2018, akan menyuguhkan berbagai kegiatan perlombaan.

“Ada lomba sastra lisan, lomba tari Dayak kreasi, lomba bujang dara gawai, busana anak, kemudian melukis perisai, tato, lomba sape’, menumbuk padi, sumpit, gasing, dan sebagainya,” sebut Wakil Ketua III Panitia PGD, Ria, pada konferensi pers di Rumah Betang, Pontianak, Sabtu (12/5/2018).

Baca juga: Pekan Gawai Dayak Tahun Ini Siap Digelar

Pada PGD tahun ini, Ria menjelaskan, pihak panitia sengaja meniadakan beberapa perlombaan yang sebelumnya ada di PGD tahun-tahun lalu.

“Khususnya lomba menangkap babi. Mengapa, karena panitia sudah mengkaji, kita sekali lagi bertoleransi dengan saudara-saudara kami yang muslim,” terangnya.

Baca juga: Angkat Budaya Dayak Sintang, Ini Rangkaian Kegiatan PGD XXXIII

Selain bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, Ria mengungkapkan, panitia PGD terdiri dari berbagai agama, termasuk muslim di dalamnya.

“Panitia di Pekan Gawai Dayak itu tidak hanya Katolik ataupun Protestan, Budha atau Hindu, tapi banyak juga yang muslim. Sehingga kami merasa perlunya toleransi, dan lomba menangkap babi pada tahun ini kami tiadakan,” jelas Ria yang membidangi seksi acara ini. (qrf)