KPU Singkawang Akan Rekrut 6.057 Anggota KPPS dan Petugas Pengamanan TPS

oleh -1.862 views
Ketua KPU Kota Singkawang, Riko.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang membuka peluang kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 sebagai penyelenggara di tingkat TPS, yakni menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko menyebutkan, untuk wilayah Singkawang, dibutuhkan sebanyak 4.711 orang sebagai KPPS. Kebutuhan anggota KPPS ini berdasarkan jumlah TPS yang ada.

“Jumlah TPS yang ada di Singkawang sebanyak 673 TPS yang tersebar di 26 kelurahan, lima kecamatan. KPPS per TPS itu ada 7 orang. Berarti KPU membutuhkan sebanyak 4.711 orang,” ujarnya di Kantor KPU Kota Singkawang, Senin (31/12/2018).

Riko mengatakan, untuk menjadi anggota KPPS, ada 12 syarat yang harus dipenuhi. Antara lain, berusia paling rendah 17 tahun; mempunyai integritas; tidak menjadi anggota parpol atau tim kampanye yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat lima tahun tidak lagi menjadi anggota parpol atau tim kampanye yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan; berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS; berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

“Di pasal 36 ayat 1 PKPU nomor 36 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU nomor 3 tahun 2018 tentang pembentukan dan tata cara kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam penyelenggaraan pemilu, ada 12 syarat yang harus dipenuhi. Berkenaan dengan usia, kalau dulu minimal 25 tahun, tapi sekarang 17 tahun. Jadi, seperti mahasiswa, bisa terlibat menjadi anggota KPPS,” terangnya.

Lebih lanjut Riko menuturkan, jadwal pembentukan KPPS dimulai pada 28 Februari 2019. Paling lambat dibentuk sebulan sebelum penyelenggaraan pemilu.

“Namun sebelum jadwal pembentukan, kami akan sosialisasi terlebih dahulu dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari rekan-rekan media supaya informasi ini bisa tersampaikan ke masyarakat,” katanya.

Selain anggota KPPS, KPU Kota Singkawang juga akan merekrut petugas pengamanan TPS.

“Ya, kami juga akan merekrut petugas pengamanan TPS. Yang kami butuhkan sebanyak 1.346 orang. Total semuanya dengan anggota KPPS, sebanyak 6.057 orang,” tutur Riko. (*)