PDI Perjuangan dan NasDem Peroleh Kursi Terbanyak di DPRD Kota Singkawang

oleh -909 views
Perwalkilan partai politik peserta Pemilu 2019 menadatangani berita acara penetapan perolehan kursi partai politik (parpol) dan calon anggota DPRD Kota Singkawang dalam Pemilu 2019 melalui rapat pleno terbuka di Hotel Swiss-Belinn Singkawang, Senin (29/7/2019) malam.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menetapkan perolehan kursi partai politik (parpol) dan calon anggota DPRD Kota Singkawang dalam Pemilu 2019 melalui rapat pleno terbuka di Hotel Swiss-Belinn Singkawang, Senin (29/7/2019) malam.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) keluar sebagai peraih kursi terbanyak. Masing-masing lima kursi.

Ada empat daerah pemilihan (Dapil) di Kota Singkawang. Kursi yang diperebutkan sebanyak 30. Lima kursi yang diperoleh PDI Perjuangan antara lain, dua kursi di Dapil 1 (Singkawang Barat), satu kursi di Dapil 2 (Singkawang Tengah), satu kursi di Dapil 3 (Singkawang Timur dan Utara), satu kursi lagi di Dapil Singkawang 4 (Singkawang Selatan).

Partai NasDem memperoleh lima kursi, antara lain satu kursi di Dapil 1, satu kursi di Dapil 2, satu kursi di Dapil 3, dua kursi di Dapil 4.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partrai Hati Nurani Rakyat (Hanura), masing-masing memperoleh empat kursi. Empat kursi yang diperoleh kedua partai tersebut, masing-masing satu kursi di setiap dapil.

Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh tiga kursi di Dapil 1, 2, dan 4. Partai Gerindra dua kursi di Dapil 1 dan 2. Partai Golkar dua kursi di Dapil 2 dan 3. Partai Demokrat dua kursi di Dapil 1 dan 4.

Partai yang memperoleh satu kursi, yakni PPP di Dapil 3, PSI di Dapil 1, dan PAN di Dapil 3. Sementara partai yang tidak memperoleh kursi, yaitu Partai Garuda, Perindo, PBB, PKPI, dan Berkarya.

Dalam rapat pleno tersebut, parpol yang ditetapkan perolehan kursi dan calon terpilihnya yang telah menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Ada 15 dari 16 parpol yang telah menyampaikan LPPDK. Partai Berkarya, menjadi satu-satunya parpol yang tidak menyampaikan laporan tersebut.

“Berdasarkan surat dari KPU RI nomor 1010/PL.01.9-SD/06/KPU/VII/2019, apabila terdapat partai politik yang tidak menyampaikan LPPDK, maka partai politik tersebut tidak diikutsertakan dalam penghitungan kursi dan penetapan calon terpilih,” kata Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, dalam rapat pleno terbuka.

Rapat pleno terbuka dihadiri perwakilan parpol, pimpinan DPRD Kota Singkawang, Bawaslu, Polres Singkawang, Kodim 1202, Forkopimda, dan PPK. (noy)