Kapolda: Pencoblosan dan Perhitungan Suara di Kalbar Aman

oleh -1.282 views
Kapolda Irjen Pol Didi Haryono memantau Pilkada Kalbar di Kabupaten Sambas.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Pencoblosan dan perhitungan suara di Provinsi Kalimantan Barat berjalan aman sesuai harapan. Proses pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 di enam wilayah, provinsi, kota dan kabupaten di Kalimantan Barat ini berlangsung aman, tertib, dan damai.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Irjen Pol Didi Haryono mengungkapkan, sejumlah pebajat utama juga di tempatkan di berbagi tempat guna memberikan rasa aman dan nyaman pada rakyat yang menyelenggarakan pesta demokrasi di negeri ini.

“Pejabat utama Polda Kalbar, saya tempatkan sebagai tim asistensi di wilayah kota dan kabupaten untuk mendampingi membantu para Kapolres/ta,” ujarnya, Jumat (29/6/2018).

Tidak hanya itu, begitu juga Mabes Polri hadir mengawal langsung Pilkada Serentak 2018 di Kalimantan Barat yang dipimpin langsung oleh Kalemdiklat Polri Komisaris Jenderal Polisi Unggung Cahyono, bersama Pamatwil dan Asisten SDM Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Arief Sulistyanto selaku tim supervisi dan asistensi untuk wilayah Kalimantan Barat.

“Sudah mendapat laporan dari seluruh pejabat yang diplotting di seluruh Polres sampai sekarang situasi Pilkada Gubernur Kalbar, Wali Kota Pontianak dan Bupati aman dan terkendali,” kata Kapolda.

“Ada beberapa tempat pemungutan suara (TPS) yang memiliki potensi rawan. Namun, kerawanan tersebut bisa di atasi. Ada beberapa tingkat kerawanan yang ada tapi semua kami bisa antisipasi. Kami pertebal dengan personel baik dari TNI maupun Polri, serta petugas keamanan TPS,” timpalnya.

Kapolda mengatakan, jajaran Polres di wilayah Kalbar, mendapat BKO 1.104 personel dari Polda.

“11.658 TPS di Kalbar telah kita jaga dengan perkuatan 11.642 Personel Polri/TNI dan 23.316 petugas keamanan TPS dan alhamdulillah kita dapat merasakan langsung semua berjalan dengan aman, lancar dan sukses,“ terangnya.

Ia menjelaskan, semua personel di TPS saat ini sudah kita tarik, sebagian pasukan digeser untuk memperkuat personel keamanan di PPK dan kantor KPU Kabupaten maupun Provinsi.

“Peran serta masyarakat Kalbar, sangat membantu kami aparat keamanan dalam mensukseskan pesta demokrasi ini,” katanya.

“Alhamdulillah Kalbar aman, tak perlu ada yang dikhawatirkan lagi, kita semua selalu bersinergi duduk bersama, kami bersama TNI, KPU, Banwaslu, Pemda dan seluruh Komponen masyarakat Kalbar siap menyukseskan pesta demokrasi ini,” pungkas Kapolda. (*/qrf)