Sukiryanto, Calon Senator Kalbar yang Punya Jejaring Kuat

oleh -2.252 views
Sukiryanto.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Maju sebagai bakal calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD) pada Pemilu 2019 mendatang, Sukiryanto menjadi salah satu dari 27 nama bakal calon yang sangat diperhitungkan untuk memperoleh satu dari empat kursi DPD RI dapil Kalbar yang diperebutkan.

Memiliki jejaring yang kuat, pernah mengetuai DPD Real Estate Indonesia (REI) Kalbar periode 2015-2018 dan saat ini memimpin organisasi paguyuban Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar, menjadi modal penting bagi pria yang karib disapa Pak Haji Sukir ini untuk maju di DPD RI.

Terlebih lagi, diketahui Sukiryanto maju lantaran besarnya dukungan masyarakat yang menginginkan ia menjadi penyambung aspirasi masyarakat Kalbar di DPD RI.

“Sebenarnya karena banyak yang menyarankan saya maju ke DPD RI. Tentu saja melalui pertimbangan, dan akhirnya saya memutuskan maju,” ujarnya kepada awak media di Pontianak, belum lama ini.

Di hari pertama penyerahan dokumen syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI ke KPU Provinsi Kalbar, Sukiryanto menyerahkan sebanyak 4.288 KTP Elektronik yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Jumlah ini melebihi dari yang telah disyaratkan, minimal 2.000 dukungan dan tersebar di tujuh kabupaten/kota di Kalbar.

Sukiryanto menargetkan, mampu memperoleh 300 ribu suara pada pemilihan DPD RI dalam Pemilu serentak 2019 mendatang.

“Hitung-hitungan rasional kita sangat yakin 300 ribu suara. Kita sudah memetakan berdasarkan peta pendukung kita di Kalbar. Jadi berdasarkan itu, yakin mendapatkan 300 ribu. Kita tetap yakin, semua orang punya cara tersendiri, artinya kita punya basis yang jelas,” terangnya.

Maju ke DPD RI, Sukiryanto ingin menjadi orang yang benar-benar bisa diharapkan masyarakat Kalbar menyambung aspirasi ke pusat. Masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lain sebagainya, menjadi konsentrasi penting dirinya apabila dipercaya menjadi anggota DPD RI.

Sukiryanto juga berkomitmen, terus memperjuangkan apa yang telah selama ini ia lakukan, yakni realisasi program rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kalbar.

“Niat agar rumah MBR benar-benar membantu masyarakat dan dapat menyentuh masyarakat, mulai sisi fasilitas, beban bunga, administrasi, karena itu bidang saya,” kata Sukiryanto yang juga Wakil Sekretaris DPP REI ini. (qrf)