Calon Anggota KPU Bengkayang Dilaporkan Terindikasi Tidak Netral

oleh -2.249 views
Komentar Facebook yang dijadikan bukti pelapor.

BENGKAYANG, KILASKALBAR.com Salah satu peserta yang telah dinyatakan lolos dalam enam besar calon anggota KPU Kabupaten Bengkayang, Eddy Sumartono, dilaporkan pengurus PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Dewan Adat Dayak (Adat) kabupaten setempat ke Panwaslu Kabupaten Bengkayang, Jumat (27/4/2018).

“Hari ini kami telah melaporkan calon anggota komisioner KPU Bengkayang bernama Eddy Sumartono, SH ke Panwaslu Kabupaten Bengkayang dengan tembusan KPU Kabupaten Bengkayang, DAD Kabupaten Bengkayang Kapolres Bengkayang, Timsel KPU Kalbar, Bawaslu Provinsi Kalbar, KPU RI dan Bawaslu RI,” ujar perwakilan pelapor, Stepanus kepada awak media setempat, Jumat (27/4/2018).

Stepanus mengatakan, laporan tersebut lantaran pihaknya menilai Eddy tidak layak menjadi komisioner KPU Bengkayang. Diketahui dari akun Facebook milik Eddy Sumartono bernama Eddy Toni, Eddy menulis komentar yang secara terang-terangan mengajak untuk memilih salah satu paslon dalam Pilgub Kalbar.

“Ia dianggap sudah tidak netral dan tidak layak untuk menjadi amggota Komisi Pemilihan Umum, dengan dasar telah dengan terang benderang mengajak dan menyatakan mendukung salah satu paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar,” terangnya.

“Kami temukan itu dan mengetahui bahwa apa yang telah dilakukan yang bersangkutan, melanggar proses demokrasi. Karena sebagai calon penyelenggara Pemilu, tidak boleh memihak,” jelas Stefanus.

Pelapor melaporkan Eddy dengan salah satu bukti dari akun Facebook Bobby Landax yang menyebar bukti bahwa Eddy menulis komentar mengajak memilih salah satu paslon.

Dalam akun Facebook Bobby Landax tertanggal 23 April 2018, tertulis “Untuk menjadi sesuatu agar terjadi sesuatu hal.. Eddy Tono/EDY SUMARTONO, calon Anggota KPU Kabupaten Bengkayang Nominasi 10 besar. Mudah-mudahan tidak mencederai dan melukai Integritas Penyelenggara Pemilu di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat.”

Tulisan di status Bobby yang menyertakan capture komentar Eddy yang berkomentar “Jangan lupa bulatkan hati pilih lah paslon no 3.”

“Kami ketahui bahwa Timsel Zona II KPU  mengumumkan ada enam nama yang lolos seleksi tahap enam besar, yakni Eddy Sumartono SH, Eka Lindawaty, Erik Amatus SP, Heribertus, Musa J,  dan Martono SE,” pungkasnya.

Sementara itu, saat awak media setempat mencoba mengkonfirmasi melalui WhatsApp milik Eddy, yang bersangkutan belum memberikan tanggapan dan pesan whatshap yang disampaikan belum dibaca dan tidak ada balasan. (Noy)