Polres Singkawang Gelar Deklarasi Damai

oleh
Deklarasi damai Pemilu 2019 di Singkawang Convention Center, Kamis (25/10/2018).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Polres Singkawang menggelar deklarasi damai dalam rangka Pemilu 2019 yang bertempat di Singkawang Convention Center (SCC), Kamis (25/10/2018) pagi.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Bersama Forkopinda, Penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu Partai Politik, dan Segenap Elemen Masyarakat Berkomitmen dan Siap Mendukung Terselenggaranya Pemilu 2019 yang Aman, Damai, Sejuk dan Kondusif di kota Singkawang.”

Kapolres Singkawang AKBP Raymond M mengatakan, kegiatan ini digelar di seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia.

“Ini atensi pimpinan yang dilaksanakan dari tingkat Mabes Polri, Polda, dan Polres seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan pesan bagi Polri selaku penanggung jawab keamanan, untuk memberikan harapan kepada masyarakat agar meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan Pemilu 2019 akan datang.

“Maka dari itu kita lakukan kegiatan deklarasi ini untuk mencitakan rasa aman damai dan sejuk baik dari tahap kampanye hingga selesai pemilihan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam deklarasi yang diselenggarakan ini, dilibatkan seluruh elemen baik dari Forkopimda maupun masyarakat agar dapat menciptakan situasi pemilu yang damai.

“Tidak hanya itu. Yang lebih penting kita libatkan adalah partai politik dan caleg. Bersepakat untuk Kota Singkawang dengan sesuai aturan untuk menciptakan rasa aman, damai, dan terkendali dalam pemilu nantinya,” katanya.

Untuk Kota Singkawang, Polres optimis Singkawang dalam penyelenggaraan pemilu nantinya akan berjalan aman.

“Kami menjamin dan optimis dalam pemilu di Kota Singkawang akan berjalan aman dan damai. Karena kami melihat peran serta semua elemen masyarakat sepakat untuk menciptakan rasa kondusif pada Pemilu 2019,” ucapnya.

Ia menyebutkan, untuk titik-titik kerawanan di Kota Singkawang umumnya masih aman dan kondusif. Namun saat kampanye, nantinya pihak kepolisian akan diterjunkan ke titik-titik rawan.

“Seperti saat ini musim hujan. Banyak wilayah yang tergenang banjir. Di situlah kami akan menempatkan anggota untuk melakukan pemantauan,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, untuk kepatuhan partai politik sudah cukup baik. Seluruh kegiatan partai politik sudah melaporkan kegiatannya.

“Oleh karena itu kita sudah melakukan berbagai pengamanan dalam kegiatan politik di Singkawang sesuai laporan jurkam,” kata dia.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat Kota Singkawang agar bersama-sama menjaga situasi Kota Singkawang baik dari kampanye, maupun nanti pada saat masa tenang hingga penghitungan agar tetap kondusif.

“Jaga kondusifitas Kota Singkawang. Jika ada hal-hal yang merugikan, segera laporkan. Masing masing ada jalur. Jangan mengganggu kondusifitas Kota Singkawang yang telah kondusif. Dan jika ada maka akan kita tindak tegas,” tegasnya. (mizar)