KPU Serahkan Usulan Pengesahan Pengangkatan Midji-Norsan ke Legislatif

oleh -1.719 views
KPU Kalbar serahkan hasil penetapan gubernur dan wakil gubernur Kalbar terpilih ke DPRD Kalbar, Rabu (25/7/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – KPU Kalbar telah menetapkan Sutarmidji dan Ria Norsan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih periode 2018-2023. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Selasa (24/7/2018) malam.

Setelah ditetapkan, Ketua KPU Kalbar Ramdan mengatakan, tahapan berikutnya adalah pengusulan pengesahan pengangkatan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Pengusulan pengesahan pengangkatan itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 9 tentang Rekapitulasi. Jadi sesuai di Pasal 62, kita menyerahkan kepada DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Lalu di Undang-undang (Nomor) 8 Tahun 2015, nanti DPRD menyampaikan usulan itu ke Presiden melalui Mendagri,” ujarnya kepada awak media.

Baca juga: Malam Ini Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Terpilih

Pengusulan pengesahan pengangkatan akan diserahkan KPU ke legislatif pada Rabu (25/7/2018).

“Sesuai ketentuan tadi, kami akan menyerahkan besok (hari ini, Rabu) ke DPRD Provinsi. Tapi pada malam hari inipun sebenarnya, berita acara itu sudah kita serahkan kepada DPRD, sesuai diatur dalam Pasal 52, pada hari yang sama,” kata Ramdan usai acara rapat pleno, Selasa (24/7/2018).

Ia menjelaskan, dengan digelarnya rapat pleno penetapan, menunjukkan bahwa Pilkada Kalbar 2018 tidak terdapat perselisihan hasil pemilihan (PHP).

“Dengan dilakukannya penetapan ini, Provinsi Kalimantan Barat termasuk provinsi yang tidak diajukan perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi,” tuturnya. (qrf)