DPRD Segera Serahkan Hasil Penetapan Midji-Norsan ke Presiden

oleh -1.003 views
Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suma Jenny Heryanti.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – KPU Kalbar menyerahkan hasil penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji-Ria Norsan, ke DPRD Provinsi Kalbar, Rabu (25/7/2018). Penyerahan berkas diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suma Jenny Heryanti di Gedung Dewan.

“Setelah tadi malam penetapan pasangan calon terpilih kepala daerah Kalimantan Barat, beliau dari KPU datang ke DPRD untuk menyerahkan hasil penetapan kepala daerah, dan kami dari DPRD menerima,” ujar Suma.

Berkas penetapan itu selanjutnya akan diserahkan DPRD Kalbar ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk pengusulan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023.

Baca juga: KPU Serahkan Usulan Pengesahan Pengangkatan Midji-Norsan ke Legislatif

Namun sebelum itu, kata Suma, DPRD akan menggelar rapat guna menentukan jadwal paripurna istimewa.

“Hari Senin akan menyusun jadwal di Badan Musyawarah (Bamus), kebetulan saya menjadi Koordinator Badan Musyawarah untuk mengagendakan sidang paripurna istimewa penetapan calon terpilih kepala daerah,” ucapnya.

Suma menuturkan, dimungkinkan DPRD Kalbar akan menggelar paripurna istimewa pada Selasa (31/7/2018).

“Kita langsung mengagendakan di hari Selasa. Kebetulan hari Selasa itu kosong jadwal. Selasa insyaallah paripurna secepatnya. Karena ini tugas kami,” katanya.

Pada paripurna nantinya, lanjut dia, DPRD akan mengundang KPU. Untuk undangan ke paslon terpilih, Bamus terlebih dahulu akan membahasnya.

“Kalau KPU pasti kita undang. Untuk paslon terpilih, kita belum tahu. Dalam rapat Bamus kan akan kita bicarakan. Karena saya tidak bisa memutuskan sendiri, karena saya harus bersama teman-teman di DPRD,” ucap Suma.

Setelah diparipurnakan, DPRD secelapatnya akan menyerahkan pengusulan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih.

“Kita ajukan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk dilantik secepatnya,” tutur Suma. (qrf)