Calon Anggota DPD Dapil Kalbar Berkurang

oleh -1.495 views
Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Hingga akhir masa perbaikan, Selasa (24/7/2018) pukul 24.00 WIB, KPU Kalbar hanya menerima berkas perbaikan delapan bakal calon anggota DPD dari sembilan orang yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

“Setelah per tanggal 24 Juli sampai jam 24.00 itu, kita hanya menerima delapan calon yang menyerahkan ke KPU. Jadi ada satu calon yang memang tidak menyerahkan data perbaikan dukungan ke KPU,” ujar Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Rabu (25/7/2018).

Adapun delapan bacalon yang telah menyerahkan berkas perbaikan, antara lain Maria Goreti, Abdul Fazri, Ikke Wisaksono, Christiandy Sanjaya, Rubaeti Erlita, Samion, Mujilastuti, dan Beni Sulastiyo.

“Yang tidak menyerahkan itu adalah atas nama Adi Supriadi. Jadi kami tunggu tanggal 24 sampai pukul 24.00, beliau tidak menyerahkan data dukugan perbaikan,” kata Erwin.

Usai masa penyerahan berkas perbaikan, KPU masih akan melakukan verifikasi terhadap perbaikan syarat dukungan delapan bacalon DPD.

“Ini kami akan memeriksa nanti. Yang delapan orang menyerahkan syarat dukungan ini, kan ada proses lagi. Kita akan lakukan verifikasi hasil data-data yang kita terima, akan dilakukan verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU kabupaten/kota,” ucap Erwin.

“Nanti kita akan menyerahkan data dukungan ini sekitar tanggal 27 sampai 29 Juli, dengan harapan per tanggal 31 Juli sampai 12 Agustus itu kawan-kawan di kabupaten/kota telah melakukan verifikasi terhadap syarat dukungan calon DPD ini,” tuturnya.

Adapun jumlah keseluruhan bacalon anggota DPD yang telah mengikuti tahapan hingga saat ini, ada sebanyak 21 orang. Delapan masih akan dilakukan verifkasi, sementara 13 lainnya telah memenuhi syarat (MS).

Berikut 13 nama bacalon yang memenuhi syarat:

1. Drs. Sukiryanto
2. Drs. H. Abdul Rahmi
3. Dr. Khalilah, M.Pd
4. Yudi Aldiansyah, S.E
5. Oesman Sapta
6. Joseph Odhilo Oendoen
7. Amri Kalam, S.H., M.H
8. N.CH. Saiyan, S.H., M.H
9. Muhammad Saleh
10. Glorio Sanen, S.H
11. Drs. H.M. Suronto
12. Muhammad Isa
13. Erlinawati, S.H., AP. (qrf)