Bawaslu Tunggu Juknis KPU Terkait Larangan Calon Senator dari Pengurus Parpol

oleh -2.427 views
Anggota Bawaslu RI, Muhammad Afifudin.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Bawaslu RI baru akan mengambil sikap terkait putusan MK yang mengabulkan bahwa calon anggota DPD tidak boleh dari pengurus parpol.

“Terkait dampak-dampaknya terhadap pencalonan ini, ya kita lihat detil putusan MK-nya sambil kita lihat regulasi di KPU. Misalnya bagaimana mekanisme dan lain-lain, dari partai. Itukan teknis sangat detil, nanti teman-teman KPU pasti akan merapatkan, Bawaslu setelah itu akan bersikap menyikapi hal itu,” ujar Anggota Bawaslu RI, Muhammad Afifudin, di Pontianak, Selasa (23/7/2018).

Baca juga: Putuskan MK Calon Anggota DPD Tidak Boleh Pengurus Parpol, KPU RI Segera Adakan Rapat Pleno

Ia mengatakan, Bawaslu baru mendapatkan keputusan itu. Oleh karenanya, akan terlebih dulu dibaca secara detil. Terkait sikap, Bawaslu menunggu petunjuk teknis dan pedoman yang akan dikeluarkan KPU berdasar amanat keputusan MK tersebut.

“Kita tunggu KPU bagaimana menurunkan apa dan menerjemah keputusan MK, baru kita tahu. Jadi apa-apa yang kita lakukan pengawasan itu harus setelah KPU menurunkan juknis dan jadi pedoman lapangan, sehingga kita bisa mengimbangi menurunkan sesuai denga aturan yang dirujuk oleh KPU berdasarkan keputusa MK,” katanya.

“Jadi kita sudah bersepakat tadi, Pak Viryan segera menggelar rapat pleno di KPU. Setelah itu kita akan sikapi apa yang diturunkan oleh KPU dan dari pemahamannya atas perintah Mahkamah Konstitusi,” tutur Afifudin di Pontianak untuk menghadiri Rakernis Pengawasan Verifikasi Calon Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. (qrf)