KPU Kalbar Berharap dari 27 Juni sampai Rekapitulasi Kondisi Listrik Aman

oleh -1.243 views
Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar, Ramdan, menyambut baik pihak PLN Wilayah Kalbar yang berperan serta dalam menyukseskan Pilkada serentak 2018 di Kalbar dengan memastikan daya listrik aman pada setiap tahapan Pilkada.

“Ini supporting yang luar biasa menurut kami, dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” ujar Ramdan di Kantor KPU Provinsi Kalbar, Pontianak, Sabtu (23/6/2018).

Berkenaan dengan pasokan listrik di tingkat penyelenggara, Ramdan mengaku, untuk saat ini pihaknya belum mengalami kendala apapun.

“Dan kami tadi sudah berkoordinasi, kita akan melaporkan ke pihak PLN bahwa kalau memang kita kondisinya kekurangan terkait dengan kebutuhan listrik di kantor khususnya, kita akan segera bersurat nanti, akan minta dukungan genset,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Gangguan Listrik saat Pilkada, PLN Wilayah Kalbar Siap Siagakan Genset di Kantor KPU

Ia mengatakan, terkait hari-hari krusial seperti pada saat rekapitulasi mulai dari desa/kelurahan, kecamatan, sampai kabupaten/kota, kondisi listrik dalam kondisi hidup sangatlah penting. Karena tidak jarang, penghitungan suara membutuhkan waktu yang cukup panjang.

“Ini terkait dengan proses rekap ya. Proses rekap mulai dari tanggal 27 (Juni) itukan hari H. Hari H kawan-kawan di tingkat TPS melalukan proses penghitungan, nah ini sangat krusial nih. Perhitungan biasanya kan sampai subuh, sehingga ini membutuhkan pasokan listrik. Sampailah nanti rekap di tingkat provinsi sampai tanggal 9 Juli,” terangnya.

“Kalau tidak ada kendala-kendala yang sifatnya human error-lah kali ya atau kondisi alam, nah mudah-mudahan ini bisa berjalan aman lancarlah saya kira,” harapnya.

KPU Provinsi Kalbar telah menyampaikan kepada KPU se-kabupaten/kota untuk juga berkoordinasi dengan pihak PLN yang ada di derah.

“Dan pengalaman kami sebenarnya, kita selalu berkoordinasi biasanya dengan pihak PLN kabupaten/kota masing-masing. Dan pihak PLN itu selalu menyediakan, mereka membantu biasanya. Mereka membantu penyediaan genset di kantor KPU kabupaten/kota masing-masing,” pungkas Ramdan. (qrf)