KPU Provinsi Terima Dokumen Bakal Calon Anggota DPD

oleh -1.727 views
Jajaran KPU Provinsi Kalbar sedang memeriksa dokumen syarat dukungan bakal calon anggota DPD dapil Kalbar.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar Umi Rifdiyawaty mengatakan, ada dua bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan (dapil) Kalbar pada Pemilu serentak 2019 yang sudah menyerahkan dokumen syarat dukungannya.

“Hari pertama sudah ada bakal calon yang menyerahkan dokumen dukungan calon anggota DPD, yaitu atas nama bapak Sukiryanto dan bapak Joseph Odillo Oendoen,” ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Provinsi Kalbar, Pontianak Senin (23/4/2018).

Ia menjelaskan, dokumen kedua bakal calon tersebut telah diterima oleh KPU, Minggu (22/4/2018) kemarin. Karena telah memenuhi syarat dukungan minimal 2.000 KTP Elektronik dan sebaran dukungan di 50 persen kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu tujuh kabupaten/kota.

Baca juga: 32 Bakal Calon Anggota DPD Sudah Ambil Username SIPPP

“Syarat dukungan memenuhi syarat dukungan minimal dan sebaran, serta jumlahnya sesuai antara softcopy di Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) dengan hardcopy,” kata Umi.

“Pak Sukiryanto 4.288 (dukungan). Tersebar di 10 kabupaten/kota. Pak Joseph Odillo Oendoen 3.740 dukungan. Tersebar di 12 kabupaten/kota,” terangnya.

Masa penyerahan dokumen syarat dukungan ini dimulai sejak 22-26 April 2018. Pada 22-25 April, penyerahan dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan 26 April, 08.00-24.00 WIB.

“Hari ini (red, Senin/pendaftaran di hari kedua) yang menyerahkan bapak Haji Muhammad Saleh, tapi dalam proses penghitungan,” kata Umi.

Setelah bakal calon menyerahkan dokumen syarat dukungan, KPU akan melakukan penelitian terhadap dokumen.

“Selanjutnya akan dilakukan penelitian administrasi. Dalam penelitian administrasi ini nanti akan ada klarifikasi. Misalnya terkait status pendukung itu PNS, TNI, Polri. Atau misalnya di bawah umur 17 tahun tapi tidak ada penjelasan status sudah menikah atau pernah menikah. Nah, itu dilakukan klarifikasi ke pendukung yang bersangkutan,” terangnya.

Sebelum masa penyerahan dokumen, setiap bakal calon anggota DPD diharuskan mengambil username dan password SIPPP. Sebanyak 39 orang yang dinyatakan sudah mengambil username dan password.

Berikut 39 nama bakal calon anggota DPD dapil Kalbar :

Joseph Odillo Oendoen, Ikke Wisaksono, Muhammad Saleh, Mashur, Rubaeti Erlita, Maria Goreti, Abdul Rahmi, Amsyah, Amri Kalam, Samion H.AR, Mujilastuti, Suronto, Khalilah, Sukiryanto, N.CH Saiyan, Sujoharno, Christiandy Sanjaya, Muhammad Ali Anafia, Adi Supriadi, Muhammad Isa, Oesman Sapta, Abdul Fazri, Nasri Alisan, Andi Harun, Gusti M. Hukma, Gubrani, Boniefasia Rosmyati, Darincen Hasugian, Indra Noviansyah, Yudi Alfiansyah, Glorio Sanen, Suyanto Tanjung, Andreas Acui Simanjaya, Beni Sulastiyo, HM Doing, Suhadi SW, Erlinawati, Edi Satria, dan Insan Noventa. (qrf)