Debat Publik Pilwako Pontianak Digelar Satu Kali

oleh -1.696 views
Anggota KPU Kota Pontianak Abdul Latif.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak telah memutuskan, debat publik pasangan calon (Paslon) Pilkada Kota Pontianak dilaksanakan satu kali.

Koordinator Divisi Sosialiasi dan Partisipasi Masyarakat, KPU Kota Pontianak Abdul Latif mengatakan, untuk waktunya sudah ditetapkan 19 Juni mendatang.

“Kalau untuk debat Pilwako Pontianak masalah waktu sudah final pada 19 Juni 2018. Untuk tempat, sementara juga sudah final yaitu di Hotel Aston Pontianak,” katanya di Pontianak, Jumat (20/4/2018) lalu.

Ia menjelaskan, berkenaan dengan bahan dan materi debat, tidak jauh beda dengan daerah yang sudah dulu melaksanakan debat.

“Dari visi misi mereka yang disampaikan saat syarat pencalonan, sesuai juga dengan RPJP Kota Pontianak 2005-2025,” ungkapnya.

Ia mengatakan, rencananya KPU menyiapkan lima orang tim perumus materi debat, satu di antaranya sebagai moderator. Untuk kepastiannya, KPU baru akan memutuskan minggu depan. Tim perumus berdasarkan Peraturan KPU, yakni mengakomodir dari akademisi pengamat lokal.

“Tema sesuai dengan PKPU. Ada beberapa item, kemungkinan ada 12-an. Akan diramu dan tidak jauh dengan visi misi Kota Pontianak sebagai kota jasa dan perdagangan, karena masuk juga dalam RPJP,” jelas Latif.

Terkait durasi debat publik, antara 90-120 menit. Segmentasi debat tidak jauh beda dengan debat publik pada Pilgub Kalbar yang telah diselenggarakan, yakni enam segmen.

“Mudah-mudahan bisa langsung ataupun tunda di televisi,” pungkasnya. (qrf)