Hasil Survei LROP, 83 Persen Warga Kalbar Setuju Gubernur Perempuan

oleh -1.691 views
Peneliti LROP Maulinawati memaparkan hasil survei Pilkada Kalbar 2018.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Berdasarkan survei terkait Pilkada Kalbar 2018 yang dilakukan Lembaga Riset dan Opini Publik (LROP) pada 28 Mei sampai 2 Juni lalu, sebesar 83 persen masyarakat Kalbar setuju bila perempuan menjadi gubernur Kalbar.

“83 persen warga Kalbar setuju apabila perempuan sebagai pemimpin ke depan,” ujar Maulinawati, peneliti LROP, saat memaparkan hasil survei kepada awak media di Botani Cafe, Pontianak, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, sebesar 63 persen masyarakat Kalbar menginginkan gubernur Kalbar ke depan mempunyai pengalaman sebagai kepala daerah.

Maulina mengatakan, survei oleh lembaganya ini dilakukan secara langsung atau tatap muka. Dengan menggunakan metode multistage ramdom sampling, LROP mengambil 1400 responden dari 14 kabupaten/kota di Kalbar.

“Di 140 kelurahan/desa yang ada di Kalbar. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional. Adapun margin of error sebesar 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Maulina.

Lebih lanjut, responden diambil secara acak yang dimulai dari tingkat kecamatan dan kelurahan/desa hingga RT dan tingkat keluarga. Karakteristik responden berdasarkan usia 17-60 tahun ke atas.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kalbar 2018 menyajikan tiga paslon, yakni Milton-Boyman, Karolin-Gidot, dan Midji-Norsan. Cagub nomor urut dua, Karolin Margret Natasa merupakan satu-satunya kandidat gubernur perempuan. (qrf)