Cagub Kalbar Sutarmidji: Islam itu Rahmatan Lil ‘alamin

oleh -1.975 views
Sutarmidji.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Mencermati kejadian akhir-akhir ini tentang terorisme, Cagub Kalbar nomor 3, Sutarmidji menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada Islam garis keras atau Islam Radikal.

“Tidak ada islam garis keras atau islam radikal,” tegas Sutarmidji saat memberikan kultum saat sholat tarawih di Masjid Syakirin Sungai Jawi Kota Pontianak, Sabtu malam (19/5/2018).

Karena menurut Sutarmidji Islam hadir ke muka bumi yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW adalah rahmatan lil alamin.

“Islam itu rahmatan lil alamin, jadi kalau ada yang ngebom itu bukan bagian dari Islam,” ujarnya.

Sutarmidji mencontohkan pada Piagam Madinah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di mana isinya menjamin setiap masyarakat yang ada di Madinah (waktu itu) akan terjamim keamanannya.

Isi Piagam Madina yang lain kata Sutarmidji adalah ketika Madinah mendapatkan serangan atau ancaman maka setiap penduduk wajib membelanya.

“Siapapun dia, agamanya, sukunya wajib membela,” ujarnya.

Termasuk di Kalbar di mana masyarakatnya multi etnis maka perlu menjaga kedamaian dan kerukunan. Serta pemerintah daerah wajib memberikan jaminan keamanan dan kesejahteraan.

Karenanya Cagub Kalbar Sutarmidji berpesan kepda jamaah yang hadir untuk tidak mudah terprovokasi.

“Apalagi saat ini sedang pilkada, masyarakat harus pandai menyaring informasi yang diterimanya,” tuturnya.

Dijelaskan Sutarmidji bahwa jumlah umat Islam di Kalbar saat ini sebanyak 59,9% sehingga dia menghimbau agar persatuan dan kebersamaan harus tetap dijaga dan ditingkatkan.

“Dengan jumlah sebanyak itu, tetaplah jaga ukhuwah (persaudaraan). Jangan terpecah belah,” ujarnya.

Keberadaan umat Islam di Kalbar, jelas Sutarmidji adalah rahmatan lil alamin artinya umat Islam akan menjaga kedamaian dan ke keberagaman serta kerukunan.

(Media Center Midji-Norsan)