Dari 21 Bacalon DPD Lolos Verfak, Sukiryanto Miliki Dukungan Terbanyak

oleh -1.523 views
Sukiryanto.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Sukiryanto, menjadi bakal calon (bacalon) perseorangan anggota DPD daerah pemilihan (dapil) Kalbar dengan jumlah dukungan terbanyak.

Dari 21 bacalon yang dinyatakan lolos dalam verifikasi faktual (verfak) pada rapat pleno rekapitulasi hasil akhir oleh KPU di Hotel Ibis Pontianak, Sabtu (18/8/2018), dukungan berupa KTP-el yang memenuhi syarat (MS) untuk Sukiryanto sebanyak 3.033.

Baca juga: KPU Umumkan Hasil Verifikasi Faktual, 5 Bacalon DPD Tidak Memenuhi Syarat

“Dengan adanya 3.033 suara ini, menunjukan jika saya sudah diberikan kepercayaan oleh masyarakat,” ujar optimis Sukiryanto, Minggu (19/8/2018).

Syarat minimal dukungan yang diserahkan ke KPU sebanyak 2.000. Hanya Sukiryanto dukungannya mencapai hingga 3 ribu lebih. Dengan dukungan tersebut, Sukiryanto meyakini bahwa masyarakat semakin cerdas. Mereka tahu siapa yang layak mereka pilih untuk mewakil rakyat Kalbar di DPD RI.

“Inilah buah kepercayaan masyarakat. Selama ini saya sudah berusaha melakukan yang terbaik bagi masyarakat yang di antaranya ialah membuat rumah budaya IKBM, penyediaan rumah murah untuk masyarakat MBR,” ucapnya.

Saat ini Sukiryanto adalah Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar. Untuk tahapan pencalonan berikutnya, ia optimis lolos dalam verifikasi administrasi di KPU Provinsi.

Baca juga: Tahapan Bacalon DPD, Ramdan: Penyusunan DCT oleh KPU RI

Bagi dia, masyarakat Kalbar menginginkan calon anggota DPD nantinya adalah mereka yang kerja nyata memperjuangkan aspirasi rakyat. Tentu saja, sebagai tolok ukur, tidak hanya saat jadi, sebelum itupun sudah ada kerja-kerja nyata yang bisa dilihat oleh masyarakat.

Sukiryanto menilai, sebelum maju ke DPD RI, dirinya telah berbuat untuk rakyat Kalbar, di antaranya memperjuangkan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kalbar.

Ia pun menuturkan jika masyarakat Kalbar menginginkan para calon DPD berbuat nyata untuk masyarakat baik sebelum atau sesudah jadi anggota DPD, dan dirinya sudah membuktikan hal tersebut. (qrf)