Bacaleg Didominasi Kaum Muda dan Perempuan, PSI Jadi Kiblat Parpol ‘Zaman Now’

oleh -2.120 views
Ketua DPW PSI Kalbar, Moch Sab'in.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – DPW Partai Solidaritas Kalbar telah menyerahkan 65 bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Provinsi Kalbar, Selasa (17/7/2018), untuk bertarung memperebutkan 65 kursi yang ada di DPRD Provinsi Kalbar pada Pemilu 2019 mendatang.

Dari daftar nama yang telah diserahkan sebagai syarat pencalonan, bacaleg PSI didominasi oleh kaum muda, di kisaran usia 21-49 tahun.

“Bacaleg hampir kita pastikan 100 persen dari kaum muda,” ujar Ketua DPW PSI Kalbar, Moch Sab’in kepada wartawan di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Rabu (18/7/2018).

Selain dikenal dengan partainya anak muda, dalam pengajuan bacaleg yang mensyaratkan minimal 30 bacaleg perempuan, PSI mengajukan lebih dari itu. Sab’in memperkirakan, satu-satunya parpol dengan komposisi bacaleg perempuan terbanyak adalah PSI.

“Yang cukup menarik sekali di Partai Solidaritas Indonesia, mungkin satu-satunya partai yang ada di Kalimantan Barat sebagai kontestan Pemilu 2019, kita satu-satunya partai yang 40 persen keterwakilan perempuan,” ucapnya.

“Ini menunjukkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia cukup sangat ramah terhadap kepentingan kaum perempuan, dan memang ini menjadi salah satu background gerakan Partai Solidaritas Indonesia,” kata Sab’in yang juga terdaftar sebagai calon legislator PSI tingkat provinsi Dapil Kalbar 1 ini.

Pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, PSI Kalbar menargetkan minimal empat kursi di DPRD Provinsi. Sedangkan untuk DPR RI, targetnya melampaui ambang batas perolehan suara minimal parpol.

“Karena kita partai baru tentunya kita sudah bikin hitung-hitungan juga, DPR RI sendiri kita akan melewati ambang batas parliamentary threshold. Sedangkan Kalimantan Barat, ya mungkin dari delapan dapil, ya paling tidak minimal 4-5 kursilah yang hari ini kita siap untuk targetkan,” tutur Sab’in. (qrf)