Bacalon Anggota DPD Dapil Kalbar Tidak Memenuhi Syarat Karena Tak Serahkan Perbaikan

oleh -1.610 views
Ketua KPU Kalbar Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – KPU Kalbar telah mengumumkan rekapitulasi hasil akhir verifikasi faktual (verfak) dukungan bakal calon perseorangan anggota DPD daerah pemilihan (dapil) Kalbar di Hotel Ibis Pontianak, Sabtu (18/8/2018). Sebanyak lima orang dari 26 bacalon anggota DPD dinyatakan tidak mememuhi syarat (TMS).

“Rata-rata yang TMS itu yang mereka pada saat verifikasi faktual perbaikan kedua, itu dia tidak menyampaikan perbaikan dukungan,” ujar Ketua KPU Kalbar Ramdan.

Bacalon yang TMS lantaran pada verfak kedua tidak menyerahkan berkas perbaikan. Hingga pada rekapitulasi akhir hasil verfak, lima bacalon tersebut jumlah dukungannya tidak memenuhi syarat minimal, yakni 2.000 dukungan berupa KTP-el.

Lima bacalon TMS yakni Adi Supriadi dengan jumlah dukungan 915, Dr HM Doing 1.924 dukungan, Edi Satria 993 dukungan, Khu Ju Mian 462 dukungan, dan Nasri Alisan 856 dukungan.

Baca juga: KPU Umumkan Hasil Verifikasi Faktual, 5 Bacalon DPD Tidak Memenuhi Syarat

Ramdan mengatakan, dari 26 bacalon anggota DPD dapil Kalbar, sebanyak 13 orang yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) pada verfak tahap pertama. Sementara 13 bacalon lainnya harus melalukan perbaikan berkas di tahap kedua.

“Dari 26 orang, hanya 22 yang mendaftarkan sebagai bakal calon anggota DPD. Kemudian dari 22 bakal calon anggota DPD tadi, sembilan orang yang melakukan perbaikan dukungan. Dari sembilan orang, hanya delapan yang menyerahkan perbaikan perbaikan. Jadi otomatis bahwa yang tidak menyerahkan perbaikan dukungan, maka mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat,” terangnya.

KPU Kalbar baru akan menyerahkan berkas rekapitulasi hasil akhir verfak dukungan ke masing-masing bacalon anggota DPD, antara Senin (27/8/2018) sampai Rabu (29/8/2018). Sedangkan untuk bacalon ditetapkan di dalam daftar calon sementara (DCS), kata Ramdan, ada di ranah KPU RI.

“Penyusunan penetapan DCS untuk calon DPD itu kan KPU RI,” tutur dia. (qrf)