Seluruh Parpol di Kalbar Telah Serahkan Berkas Bacaleg ke KPU

oleh -1.679 views
Ketua KPU Kalbar, Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Sebanyak 16 parpol peserta Pemilu 2019 telah mengajukan berkas pencalonan bakal calon legislatif (bacaleg) tingkat provinsi ke KPU Kalbar untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang dilaksanakan tahun depan.

Parpol yang telah mendaftar sejak 16 Juli sampai hari terakhir masa pendaftaran, Selasa (17/7/2018), yakni Partai NasDem, Demokrat, PPP, PKS, Hanura, PAN, Golkar, PDIP, Gerindra, Garuda, Perindo, PBB, PKB, PSI, PKPI, dan Berkarya.

“Terkait dengan pendaftaran (di hari) terakhir partai politik, artinya 16 partai politik sudah melakukan proses pendaftaran sampai sebelum pukul 24.00,” ujar Ketua KPU Kalbar, Ramdan di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Rabu (18/7/2018) dini hari.

Sebelum berakhirnya waktu pendaftaran, Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB, 15 parpol telah teregistrasi di KPU untuk menyerahkan kelengkapan pencalonan bacalegnya. Sehari sebelum penutupan, Partai NasDem telah mendaftar ke KPU.

Dari pantauan kilaskalbar.com, terdapat sejumlah parpol yang masih melengkapi syarat pencalonan lewat dari pukul 24.00 WIB. Karena sudah teregistrasi sebelum waktu penutupan, parpol tetap bisa melakukan penyerahan kelengkapan dokumen.

“Akan kita tuntaskan malam ini semua. Inikan hanya persoalan mereka terkait dengan pemeriksaan yang harus mereka selesaikan saja. Tapi untuk submitnya, rata-rata mereka mendaftarkannya di bawah pukul 24.00. Lengkap. Cumakan nanti akan kita umumkan setelah dilakukan proses pemeriksaan selesai,” kata Ramdan.

Untuk total bacaleg seluruh parpol, KPU masih akan melakukan pemeriksaan. Saat verifikasi, KPU menemukan adanya parpol yang tidak mengusulkan bacalegnya di salah satu daerah pemilihan (dapil). Adapun dapil DPRD tingkat provinsi sebanyak delapan dapil.

Ramdan menjelaskan, bagi parpol yang tidak mengusulkan bacalegnya di salah satu dapil, tidak menjadi masalah masalah bagi parpol bersangkutan. Diketahui, Partai Garuda tidak mengajukan bacalegnya di dua dapil.

“Ndak masalah. Jadi partai tersebut berarti dia tidak mengajukan bakal calon legislatifnya di dapil itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, berkenaan dengan syarat calon seperti surat keterangan kesehatan jiwa (SKKJ) dari rumah sakit jiwa, Ramdan mengatakan, parpol masih bisa melakukan perbaikan berkas. “Masa perbaikan tanggal 22-31 Juli,” tuturnya. (qrf)