Partai Garuda Kalbar Hanya Ajukan 16 Bacaleg ke KPU

oleh -2.083 views
Ketua DPD Partai Garuda Kalbar, Tedy Yono, menerima tanda terima pendaftaran (TTPd) penyerahan berkas bacaleg dari Ketua KPU Kalbar, Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Mendaftar di akhir masa penyerahan berkas bakal calon legislatif (bacaleg), Selasa (17/7/2018) sekitar pukul 23.30 WIB, DPD Partai Garuda Kalbar hanya mengajukan 16 bacalegnya ke KPU Kalbar untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019.

“Kita sekitar 16 caleg,” ujar Ketua DPD Partai Garuda Kalbar, Tedy Yono, kepada wartawan di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Rabu (18/7/2018) dini hari.

Dalam pengajuan bacaleg, KPU membatasi maksimal 100 persen jumlah alokasi kursi legislatif. Artinya di DPRD Kalbar, parpol paling banyak mendaftarkan nama-nama bacalegnya sebanyak 65.

Dari hasil verifikasi KPU Kalbar, rata-rata parpol mengajukan 65 bacaleg. Tedy mengatakan, alasan parpolnya hanya mengajukan 16 bacaleg, karena terdapat dua daerah pemilihan (dapil) yang tidak mengajukan, yakni Landak dan Kayong Utara-Ketapang.

“Ada dua dapil yang tidak mengajukan. Karena ada yang mengundurkan diri, tidak melengkapi berkas. Jadi ndak banyak sih dari Garuda, karena kita partai pendatang baru, jadi belum maksimal, belum banyak dikenal masyarakat,” katanya.

Meski tidak sampai 100 persen, dari 16 bacaleg Partai Garuda menyertakan bacaleg perempuan lebih dari 30 persen. “Hampir 40 persen lebih kalau secara total dari enam dapil yang kita ajukan,” ucapnya.

“Kalau target maksimal, kita mungkin tdak terlalu maksimal. Kalau perkiraannya hanya satu, ya alhamdullilah kita dapat satu. Tapi kalau misalnya lebih, ya kita sama-sama berjuang,” tutur Tedy. (qrf)