PAN Jadi Parpol Ketujuh yang Menyerahkan Berkas Bacaleg ke KPU Kalbar

oleh -1.785 views
Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, saat di Kantor KPU Provinsi, Selasa (17/7/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar menerima berkas pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kalbar, Selasa (17/7/2018) malam.

PAN menjadi partai ketujuh parpol yang telah mendaftar ke KPU Kalbar. Sebelumnya, KPU menerima berkas Partai NasDem, Demokrat, PPP, PKS, dan Hanura.

Pendaftaran PAN ke KPU sebetulnya sejak sore. Karena terdapat syarat pencalonan yang belum lengkap, KPU mengembalikan berkas bacaleg PAN.

“Alhamdulillah untuk pencalonan anggota DPRD Provinsi dari Partai Amanat Nasional sudah selesai dan dinyatakan lengkap oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, kepada awak media di Kantor KPU Kalbar, Pontianak.

Adapun jumlah bacaleg yang diserahkan DPW PAN sebanyak 65 orang atau 100 persen dari alokasi kursi DPRD Provinsi Kalbar. Jumlah tersebut termasuk 30 persen bacaleg perempuan yang merupakam bagian dari syarat pencalonan.

PAN Kalbar menargetkan 11 kursi di DPRD Provinsi pada Pileg 2019 mendatang. Saat ini, PAN memiliki enam kursi di DPRD Kalbar. “Target kita insyaallah itu 11 kursi,” ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, sambung Boyman, modal politik partai dan para bacaleg telah dibangun sejak lama.

“Pertama modal kita sudah ada enam kursi, artinya mereka sudah melakukan kegiatan politik sejak awal. Kemudian untuk penambahan, tentu mereka harus mendekatkan diri ke masyarakat,” katanya.

Tugas sebagai ketua partai telah dijalankan Boyman Harun, menyerahkan berkas bacaleg tingkat provinsi. Boyman mengungkapkan, bahwa dirinya akan maju di DPR RI.

“Saya maju di DPR RI Dapil 1,” tuturnya.

Penyerahan berkas bacaleg di KPU Kalbar hingga pukul 24.00 WIB, Selasa (17/7/2018). Saat ini, masih berlangsung proses penerimaan berkas bacaleg dari parpol. Dari pantauan kilaskalbar.com, saat ini ada tiga parpol di Kantor KPU untuk memproses pengajuan bacaleg, yakni Partai Golkar, PDIP dan Partai Garuda. (qrf)