KPU Kalbar Kembalikan Berkas Caleg 3 Parpol

oleh -2.197 views
KPU Kalbar menjelaskan syarat pencalonan yang harus dipenuhi oleh parpol dalam mengajukan bacaleg.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar mengembalikan dokumen pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi yang diserahkan oleh tiga partai, yakni Hanura, PAN dan Golkar Kalbar.

Alasan KPU mengembalikan lantaran pada saat penyerahan berkas ke Kantor KPU Kalbar di Pontianak, Selasa (17/7/2018) siang, salah satu syarat pencalonan yang harus diserahkan oleh parpol belum lengkap.

“Formulir B.1 terkait dengan daftar bakal calon tidak mencantumkan foto,” ujar Ketua KPU Kalbar, Ramdan, di Kantor KPU.

Untuk Partai Hanura dan PAN, syarat calon yang belum lengkap yaitu terkait Formulir B.1. Sedangkan Golkar, sebagian foto bacaleg di Formulir B.1 dan nomor SK yang belum tercantum. Namun, masing-masing pimpinan partai yang hadir menyerahkan berkas menjelaskan, bahwa kelengkapan berkas dapat diselesaikan hari ini juga.

“LO kami salah memahami apa yang diinstruksikan oleh KPU. Tapi prinsipnya tidak masalah. Dalam satu-dua jam ini semuanya beres kok,” ujar Ketua DPD Partai Hanura Kalbar, Suyanto Tanjung.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun mengakui, memang ada beberapa syarat yang belum dipenuhi oleh partainya.

“Ada beberapa syarat yang belum terpenuhi, jadi dibawa kembali. Insyaallah dalam dua jam selesai,” ucapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kalbar, Ria Norsan mengatakan, berkas bacalegnya yang belum lengkap hanyalah sebagian. Ia memastikan, partainya bisa segera melengkapi dokumen. Dari pantauan kilaskalbar.com, pengurus Partai Golkar langsung melakukan perbaikan di Kantor KPU.

“Secara keseluruhan tidak ada masalah, hanya dua yang kurang, satu mencatumkan nomor SK Nomor 11 itu, yang kedua gambar. Foto dari calon itu ada yang tidak bisa didownload,” katanya.

“Ini langsung diupload,” ucap Norsan menambahkan.

KPU Kalbar masih menunggu parpol yang akan menyerahkan berkas pengajuan bacaleg tingkat provinsi maupun yang sedang melengkapi. Akhir masa penyerahan pada Selasa (17/7/2018) sampai pukul 24.00 WIB.

Hingga pukul 16.30 WIB, ada tiga parpol yang dinyatakan telah mendaftar dan berkasnya diterima oleh KPU Kalbar. Baru saja, pukul 16.20 WIB, KPU menerima berkas PPP. Sebelumnya, Partai NasDem dan Partai Demokrat. (qrf)