Parpol di Kalbar Deklarasi Pilkada Berintegritas

oleh -1.821 views
Perwakilan 20 parpol membacakan deklarasi di acara sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif, Selasa (17/4/2018).

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Perwakilan 20 pengurus partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 tingkat provinsi di Kalbar, mendeklarasikan komitmen mewujudkan Pilkada serentak 2018 di Kalbar berintegritas.

Dalam acara sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang digelar Bawaslu Provinsi Kalbar di Hotel Kini, Pontianak, Selasa (17/4/2018), para perwakilan parpol membacakan pernyataan sikap secara bersama-sama.

1. Tidak menggunakan politik uang dan SARA dalam mempengaruhi pilihan pemilih.

2. Tidak melibatkan anak dalam setiap kegiatan kampanye terbuka dan tertutup parpol dan Pilkada.

3. Mengajak pemilih menentukan pilihan yang cerdas berdasarkan visi, misi dan program kerja, bukan karena politik uang dan SARA.

Baca juga: Bawaslu Gandeng Berbagai Pihak Awasi Pemilu

4. Mendukung pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan politisasi SARA yang dilakukan pengawas Pemilu.

5. Tidak melakukan intimidasi, ujaran kebencian, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran praktik politik uang dan SARA.

6. Mentaati semua ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memegang teguh moral dan etika yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila, budaya bangsa dan agama. Mengutamakan kepentingan umum serta menghormati hak-hak asasi manusia.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani. Hadir dalam acara tersebut, KPU Provinsi Kalbar, Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kalbar, ormas dan organisasi kepemudaan. (qrf)