Bawaslu Gandeng Berbagai Pihak Awasi Pemilu

oleh -2.229 views
Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah menyerahkan cenderamata kepada Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalbar menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dengan melibatkan 20 perwakilan pimpinan partai politik (parpol) tingkat provinsi di Hotel Kini, Pontianak, Selasa (17/4/2018) pagi. Acara ini dibuka oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah mengatakan, sosialisasi ini sebagai bentuk upaya menggandeng berbagai pihak dalam ikut melakukan pengawasan Pemilu.

“Pengawasan partisipatif ini menjadi penting buat kami. Karena apa, sebagimana diketahui adalah jajaran kami atau personel kami memang sangat terbatas untuk mengkafer seluruh pengawasan di seluruh wilayah Kalimantan Barat,” ujarnya.

Selain parpol, Bawaslu melibatkan dari berbagai unsur masyarakat, seperti ormas dan organisasi kepemudaan. Terkait parpol, menurut Ruhermansyah, posisi parpol sangat penting dalam pendidikan politik.

“Partai politik ini sangat penting di dalam proses demokrasi. Karena dari situ dimulai seleksi-seleksi pejabat-pejabat politik. Itu nanti disalurkan melalui sarana namanya pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah,” kata dia.

“Maka penting di sini kami mengajak partai politik pada kegiatan partisipatif pada pagi hari ini, agar partai politik menyebarluaskan terkait dengan upaya-upaya pengawasan yang berkualitas,” jelasnya.

Usai acara pembukaan sosialisasi, 20 perwakilan parpol tingkat provinsi di Kalbar secara bersama-sama membacakan deklarasi komitmen parpol dalam membangun Pilkada yang berintegritas. (qrf)