Pertama Serahkan Berkas Bacaleg, Golkar Singkawang Motivasi Partai Lain Segera Mendaftar

oleh -2.255 views
DPD Partai Golkar Kota Singkawang menyerahkan pengajuan bacaleg ke KPU Singkawang, Minggu (15/7/2018).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Singkawang menyerahkan berkas pengajuan bakal calon anggota DPRD tingkat kota/bacalegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Minggu (15/7/2018).

Berkas kelengkapan pencalonan bacaleg ini, diserahkan oleh Ketua Pemenangan Partai Golkar M Abdul Rahman, didampingi Sekretaris Partai Golkar dan para bacaleg. Golkar menjadi partai pertama yang mendaftar ke KPU Kota Singkawang dalam rangka pemilihan legislati (Pileg) 2019.

“Kita partai pertama yang mendaftar ke KPU Kota Singkawang,” ujar Rahman, kemarin.

Ia menyebutkan, sebanyak 30 bacaleg yang diserahkan ke KPU. Jumlah tersebut merupakan daftar bacaleg di setiap daerah pemilihan (dapil).

“Ada 30 caleg yang kita daftarkan di masing-masing dapil. Dan alhamdulillah setelah dilakukan pemeriksaan berkas atau syarat, KPU Kota Singkawang menyatakan berkas dari Partai Golkar dapat diterima KPU,” ucapnya.

Mendaftar paling awal dari partai lainnya, Rahman menuturkan, bahwa selain sudah siap sejak awal dalam menghadapi Pileg 2019, Golkar ingin memotivasi partai lain agar dapat segera mendaftar. Sebagaimana diketahui, penutupan pendaftaran bacaleg ke KPU pada 17 Juli 2018.

“Mengapa pertama inti pendaftaran kita lakukan, lantaran Partai Golkar sudah siap tidak lagi menunggu. Di samping itu kita lakukan untuk memotivasi parpol lain untuk mengikuti langkah Golkar di KPU,” kata dia.

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko mengungkapkan bahwa Golkar adalah partai pertama yang mendaftar sejak pembukaan pada 4 Juli lalu.

“Sejak dibuka pada tanggal 4 Juli hingga sekarang, baru Partai Golkar yang mendaftar. Namun setelah kita lakukan pemeriksaan berkas syarat pencalonan yang diajukan partai, sudah lengkap. Tapi syarat masing-masing bakal caleg masih harus diperbaiki atau dilengkapi,” ujarnya.

Pihak KPU masih menunggu parpol lainnya untuk mendaftar. Penyerahan pengajuan bacaleg dilaksanakan di Kantor KPU Kota Singkawang, Jalan Dr Sutomo, Kecamatan Singkawang Barat. (mizar)