Parpol Tak Perlu Khawatir Syarat Calegnya Belum Lengkap, Masih Ada Masa Perbaikan

oleh -1.977 views
Ketua KPU Kalbar Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar, Ramdan mengatakan bakal calon legislatif (bacaleg) yang belum melengkapi syarat calon, salah satunya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, masih bisa melakukan perbaikan.

“Syarat calon inikan ada masa perbaikan. Nanti kalau memang itu belum ada atau belum lengkap atau belum sah misalnya kalau belum ada, maka itu nanti boleh diperbaiki di masa perbaikan, tanggal 22-31 Juli,” ujarnya kepada awak media di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Senin (16/7/2018).

Banyak bacaleg baik tingkat kabupaten/kota ataupun provinsi, membuat petugas di rumah sakit kewalahan dalam memberikan pelayanan, seperti yang dialami oleh pihak Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong, Pontianak.

Sebagaimana diketahui, tahapan penyerahan pengajuan pencalonan bacaleg berakhir pada 17 Juli, sementara masih banyak bacaleg yang belum menyelesaikan surat keterangan kesehatan jiwa (SKKJ) dari rumah sakit jiwa.

Baca juga: Polemik Rumah Sakit Rujukan Bagi Bacaleg, KPU Perluas Pengurusan Syarat Kesehatan

Sebagaimana disebutkan, syarat pencalonan yang belum lengkap masih bisa diperbaiki. Ramdan menjelaskan, dalam proses pendaftaran, ada syarat pencalonan dan syarat calon. Dokumen yang harus lengkap diserahkan oleh parpol sebelum penutupan masa penyerahan pengajuan bacaleg adalah syarat pencalonan.

Ia menyebutkan, syarat pencalonan ini di antaranya mengisi formulir B surat pencalonan dari partai politik, B.1 berkaitan dengan daftar bakal calon, B.2 berkaitan dengan seleksi terbuka secara demokratis yang dilakukan oleh partai politik yang dilampirkan AD ART atau aturan internal partai yang mengatur tentang seleksi terbuka.

Kemudian B.3 terkait pakta integritas, yang sebagai tindak lanjut bahwa dalam seleksi terbuka itu tidak melibatkan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi,”

“(SKKJ) itukan syarat calon, ini yang wajib dulu. Termasuk surat keputusan dari kepengurusan parpol sesuai dengan tingkatannya itu terkait dengan kepengurusan partai. Nah yang lain-lain itukan berkaitan dengan syarat calon, termasuk surat keterangan kesehatan jasmani, rohani maupun bebas narkoba,” katanya. (qrf)