NasDem Parpol Pertama yang Menyerahkan Berkas Bacaleg ke KPU Kalbar

oleh -1.728 views
Ketua KPU Kalbar, Ramdan, menyerahkan tanda terima penerimaan berkas pengajuan bacaleg kepada Ketua DPW Partai NasDem Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi parpol yang pertama menyerahkan kelengkapan persyaratan pencalonan bakal calon anggota DPRD Provinsi untuk Pemilu Legislatif 2019 ke KPU Kalbar, Senin (16/7/2018).

“Ini partai yang pertama mendaftar,” ujar Ketua KPU Kalbar, Ramdan, di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Nomor 1, Pontianak, Senin siang.

Kedatangan pengurus DPW Partai NasDem untuk menyerahkan pengajuan bakal calon anggota legislatif tingkat provinsi, diiringi dengan kesenian tanjidor. Ketua DPW Partai NasDem Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, mendaftar paling pertama karena apabila ada berkas yang perlu diperbaiki, maka waktu perbaikan aka lebih panjang.

“Terakhir kan besok tanggal 17 (Juli), jadi kita daftar hari ini untuk mempertimbangkan kalau ada hal-hal yang masih kurang kan, masih ada kesempatan kita untuk memperbaiki hal-hal yang prinsip yang harus dirapikan,” ujarnya kepada awak media.

Dalam penyerahan kelengkapan dokumen persyarata pencalonan, Partai NasDem Kalbar sudah mempersiapkan seluruh berkas yang diperlukan.

“Setelah kita teliti, semuanya sudah siap 100 persen berkaitan dengan persyaratan pencalonan terutama perempuan, sudah lengkap, ya kita daftarkan,” kata Syarif Abdullah yang merupakan anggota DPR RI ini.

Bacaleg yang diajukan oleh Partai NasDem sebanyak 100 persen dari jumlah alokasi kurai DPRD Provinsi Kalbar, yakni 65 calon.

“Kita itu 100 persen dari 65 anggota DPRD Provinsi. Jadi sesuai dengan kuota yang ada dan sesuai dengan syarat yang ada, artinya syarat itukan harus 30 persen dari perempuan,” ucap Syarif Abdullah.

Tahapan penerimaan pengajuan bacaleg dari parpol, dimulai pada 4-17 Juli 2018. Hingga Senin (16/7/2018) siang, baru Partai NasDem yang menyerahkan berkas. Pada terakhir masa penyerahan, Selasa (17/7/2018), KPU Kalbar menunggu parpol untuk menyerahkan berkas hingga pukul 24.00 WIB.

Tahapan selanjutnya adalah verifikasi persyaratan mulai dari 5-18 Juli. Apabila persyarata pencalonan ini belum memenuhi syarat (BMS), maka parpol masih bisa melakukan perbaikan selama tiga hari, 19-21 Juli. (qrf)