Akbar Tanjung: Rebut Kembali Kemenangan Golkar

oleh -199 views
Akbar Tanjung saat memberikan pemaparan di hadapan kader Golkar Kalbar.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com– Ratusan kader dan Calon Legislatif (Caleg) dan fungsionaris Partai Golkar se-Kalimantan Barat bertatap muka dengan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar, Akbar Tanjung di Hotel Orchardz, Pontianak, Sabtu (16/3) siang.

Tokoh politik senior tersebut ‘menggeber semangat’ para kader dan Caleg untuk memanaskan mesin partai, sehingga dapat merebut kemenangan Golkar di Kalbar dalam Pemilu tahun ini.

Akbar Tanjung menegaskan, partainya  terus melakukan usaha-usaha untuk pendekatan dengan masyarakat guna meningkatkan perolehan kursi dan suara pada pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan perolehan suara, kursi dan menjadi pemenang kembali pada Pemilu nanti,” tegasnya.

Target kemenangan dan menggeser Parpol yang bercokol di atas, menurutnya bukan hal yang tak mungkin. Alasan ini rasional karena Golkar pernah menjadi partai pemenang Pemilu.

“Oleh karena itu, kami akan mengonsolidasikan seluruh organisasi partai dan memperkuat soliditas para kader-kader partai. Memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk melakukan kerja-kerja politik yang nantinya dapat berkontribusi terhadap perolehan suara kursi partai Golkar,” ujarnya.

Sementara itu, Wasekjen DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman menilai soliditas internal partai merupakan elemen penting yang membuat partai Golkar mampu keluar dari masa sulit.

“Dan menghadapi seluruh dinamika yang panjang dalam kancah politik,” katanya.

Menyoal target kemenangan di Pemilu tahun ini, partainya tak cuma menempatkan fokus untuk dapat keluar sebagai pemenang akan tetapi momen tersebut akan dijadikan momentum untuk melakukan konsolidasi besar-besaran mulai dari level pusat hingga ke tingkat desa.

Dia bilang, kelebihan Golkar dengan partai lainnya adalah ketersedian infrastruktur dan mesin partai yang telah terbentuk hingga sampai ke pelosok.

“Paradigma kita adalah bagaimana kita memaksimalkan konsolidasi dan meningkatkan soliditas internal partai,” ujarnya.

Melansir hasil dua lembaga survei, Poltracking dan Charta Politica, menempatkan Golkar berada di persentase sebesar 18 persen lebih. Hanya beda satu tingkat di bawah PDI P yang meraih persentase sebesar 22 persen.

“Itu menandakan dari segi mesin partai, bahwa partai Golkar masih sangat solid di seluruh Kalimantan Barat,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei itu pula, Partai Golkar Kalbar dinilai mampu meraih tiga kursi di Senayan. Rinciannya, Dapil Kalbar 1 memperoleh dua kursi dan Dapil Kalbar 2 mendapatkan satu kursi.

“Memang bukan dijadikan klaim. Tapi ini indikator untuk memotivasi bagi seluruh kader di Kalbar,” ujarnya.

Maman menegaskan, kekuatan soliditas dan konsolidasi mesin partai yang sangat optimal dan massif, menjadi modal besar Golkar tetap bisa eksis hingga hari ini di Kalbar.

“Meskipun tidak memiliki Capres yang bisa mendongkrak suara partai. Seperti PDI Perjuangan dan Gerindra.

Selain itu, Maman juga mengimbau seluruh struktur partai beringin untuk menjaga soliditas. “Imbauan hanya satu untuk seluruh kader Golkar di Kalbar, jaga soliditas internal partai. Itu saja,” pungkasnya. (*)