75 Warga Singkawang Ikut Seleksi Relawan Demokrasi

oleh
Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, mewawancarai salah satu calon Relawan Demokrasi (Relasi), Senin (14/1/2019).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Sebanyak 75 peserta mengikuti seleksi Relawan Demokrasi (Relasi) yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang di Kantor KPU Singkawang, Senin (14/1/2019) pagi.

KPU Kota Singkawang akan merekrut 55 orang hasil seleksi yang dibagi ke dalam 10 segmen basis pemilih. Yaitu, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, dan warga internet (netizen).

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko mengatakan, program Relasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu. Selain itu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

“Oleh karenanya, perekrutan Relasi ini untuk membantu menyosialisasikan tahapan pemilu hingga ke masyarakat secara menyeluruh,” ujar di sela proses seleksi.

KPU menargetkan partisipasi pemilih hingga 77 persen. Maka dari itu, untuk mencapai target tersebut dibentuklah Relawan Demokrasi. Para Relasi nantinya akan menjadi mitra dari PPS, PPK, dan KPU itu sendiri.

Pendaftaran Relasi dimulai pada 7-16 Januari 2019. ada 15 persyaratan untuk mengikuti Relasi. Antara lain berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, pendidikan minimal SLTA/sederajat, berdomisili di wilayah setempat, nonpartisan parpol, dan lain sebagainya.

“Persyaratan tersebut dibuktikan dengan fotocopy KTP, ijazah SLTA/sederajat, pas foto 4×6 sebanyak 4 lembar, surat pernyataan bersedia menjadi relawan, sudah terdaftar dalam DPT, bukan bagian dari penyelenggara, CV, dan lainnya,” sebut Riko.

Hasil seleksi Relasi akan diumumkan pada 17 Januari 2019. Yang terpilih nantinya akan mengikuti bimbingan teknis untuk mempersiapkan program-program sosialisasi kepada masyarakat. (*)