Panwaslu Singkawang akan Data Caleg dan Sosialisasi UU Pemilu

oleh -1.096 views
Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Singkawang, Hendra Kurniawan (kiri).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Singkawang, Hendra Kurniawan mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan nama-nama dan alamat caleg.

“Tujuannya adalah untuk memberikan sosialisasi tentang aturan UU Pemilu guna meminimalisir segala potensi pelanggaran agar aturan melalui sosialisasi surat itu tersampaikan kepada setiap caleg,” ujarnya di Singkawang, Senin (13/8/2018).

Hendra menyebutkan, ada 14 parpol peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 di Singkawang. Jika masing-masing parpol mendaftarkan calegnya sebanyak 30 orang, maka total ada 420 caleg. Hendra mengakui, dengan jumlah tersebut tentu sulit bagi Panwas melakukan pendataan secara maksimal dengan SDM yang terbatas.

“Namun jumlah tersebut tentunya tidak seimbang dengan jumlah SDM yang ada di Panwaslu Singkawang. Untuk itu kami mohon dukungan dan bantuan partai untuk dapat memberikan nama-nama dan alamat calegnya,” pinta dia.

Kata Hendra melanjutkan, pendataan ini perlu dilakukan sekaligus untuk sosialisasi guna para caleg mengetahui dan memahami apa-apa saja nantinya yang boleh dan tidak boleh dilakukan caleg dalam tahapan kampanye.

Hendra menuturkan, bagi caleg yang terbukti melanggar aturan kampanye, sanksinya bisa administrasi dan atau pidana.

“Mengingat konsekuensi sanksinya yang apabila melanggar bisa dikenakan sanksi pidana dan administrasi,” kata dia. (mizar)