Program Pembangunan Sutarmidji Sejalan dengan Nawacita

oleh -1.440 views
Sutarmidji.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji, memastikan dirinya berkomitmen, dalam memimpim Provinsi Kalbar lima tahun ke depan nantinya, program pembangunan akan selaras dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), terutama terkait sektor infrastruktur, percepatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan investasi di Kalbar.

“Itu lah kita semua program selaras dengan yang di pusat,” ujarnya, Kamis (13/7/2018).

Berkenaan dengan kemudahan ivestasi, Sutarmidji yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Pontianak memberikan catatan. Ia menjelaskan, kemudahan yang dimaksud, yakni mendorong hilirisasi industri, di mana pengolahan dan produksi barang mentah menjadi setengah jadi atau barang jadi.

“Jadi jangan hanya pertambangan, hilirisasi harus ada biar bisa serap banyak tenaga kerja. Terutama kita akan kawal pembangunan Pelabuhan Samudera karena dampaknya luar biasa,” katanya.

Di sektor infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi, Sutarmidji akan membuka kawasan yang selama ini terisolir. Lebih lanjut ia mengatakan, guna mendukung itu semua, perlu penguatan sumber daya manusia (SDM).

Ia menyebutkan, salah satu peningkatan SDM yakni dengan meningkatkan kualitas pendidikan yang merata. Sutarmidji menuturkan, di tahun pertama dirinya berkomitmen akan menggratiskan pendidikan di Kalbar sampai SMA/SMK.

Sementara bidang kesehatan, Sutarmidji berkomitmen untuk membangun dan membenahi rumah sakit pemerintah, RSUD dr Soedarso.

“Saya nanti akan koordinasikan sama DPRD Provinsi kalau dapat FS dan DED rumah sakit sudah harus dibuat di perubahan anggaran tahun ini, dan saya berharap ini untuk kepentingan masyarakat Kalbar tidak ada hambatan sama sekali,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, saat ditanya mengenai Pilpres, apakah dirinya siap maju apabila ada yang mendorong, Sutarmidji enggan berkomentar. (qrf)