22 Bacalon Anggota DPD RI Dinyatakan Telah Mendaftar ke KPU Kalbar

oleh -1.900 views
Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Hingga terakhir masa pendaftaran, Rabu (11/7/2018) pukul 24.00 WIB, ada 22 bakal calon (bacalon) yang mendaftar dalam pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar.

Pendaftaran dibuka pada 9-11 Juli. Saat mendaftar, bacalon harus menyerahkan berkas pendaftaran di antaranya syarat administrasi dan dukungan minimal 2 ribu E-KTP.

“Sejak hari pertama pendaftaran hingga hari terakhir, terdapat 22 bakal calon DPD yang mendaftar ke KPU Provinsi,” ujar Ketua KPU Kalbar, Ramdan, di Pontianak, Kamis (12/7/2018).

Semula, bacalon anggota DPD RI dapil Kalbar sebanyak 26 orang. Namun sampai terakhir masa pendaftaran, hanya 22 nama yang mendaftar ke KPU.

“Sedangkan 4 bakal calon lainnya hingga batas akhir tidak mendaftar ke KPU Provinsi,” kata Ramdan.

Baca juga: Hari Terakhir Pendaftaran Calon Anggota DPD RI, Ramdan: Sampai Siang Ini Ada 15 Orang

Kendati tidak mendaftar, KPU tetap memverifikasi berkas pendaftaran 26 bacalon anggota DPD pada 12-18 Juli. Hasilnya, hanya 13 bacalon yang dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sementara 13 lainnya belum memenuhi syarat (BMS).

Ramdan menjelaskan, 13 bacalon memenuhi syarat minimal jumlah dukungan dan sebarannya. Sedangkan 13 lainnya belum memenuhi syarat dukungan dan sebaran. Sebagaimana diketahui, minimal dukungan 2 ribu E-KTP yang tersebar paling sedikit di 50 persen jumlah kabupaten/kota atau di tujuh daerah.

“Dari 13 bakal calon DPD yang MS jumlah dukungan dan sebaran, semuanya telah melakukan pendaftaran. Sedangkan dari 13 bakal calon yang BMS jumlah dukungan dan sebaran, hanya 9 yang mendaftar sedangkan 4 bakal calon lainnya tidak mendaftar hingga ditutupnya masa pendaftaran bakal calon anggota DPD pada pukul 24.00 WIB,” kata Ramdan.

Ramdan menuturkan, terhadap 9 yang telah mendaftar namun BMS, masih dapat melakukan perbaikan berkas persyaratan. Berdasarkan tahapan, KPU baru akan mengumumkan secara resmi nama-nama bacalon MS maupun BMS pada 19-20 Juli. Masa perbaikan sekaligus penyerahan perbaikan berkas pada 21-24 Juli.

“Terhadap 9 bakal calon yang BMS jumlah dukungan tapi melakukan pendaftaran, tetap melakukan perbaikan syarat dukungan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD,” kata Ramdan.

Dalam pelaksanaan pendaftaran bacalon anggota DPD RI ini, dihadiri Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat. (qrf)