Belum Ada Satupun Parpol Mengajukan Bacalegnya, KPU Kalbar Tetap Menunggu

oleh -1.337 views
Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Hingga hari ke-8 masa penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD (bacaleg) tingkat provinsi untuk Pemilu 2019, belum ada satupun partai politik (parpol) yang menyerahkan daftar nama bacalegnya ke KPU Kalbar.

“Sampai saat ini ke-8 masih belum ada partai politik yang belum melakukan pendaftaran ke KPU,” ujar Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan, saat ditemui awak media di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Rabu (11/7/2018) siang.

Erwin mengatakan, pihaknya tetap menunggu parpol peserta Pemilu yang akan menyerahkan daftar nama bacalegnya hingga akhir masa pengajuan.

“Kita tetap standby-lah di KPU, tetap masih menunggu nih partai politik yang akan mendaftar,” ucapnya.

Masa penerimaan pengajuan bacaleg dari parpol, dimulai pada 4-17 Juli 2018. Erwin menjelaskan, pendaftaran dari hari pertama sampai tanggal 16 Juli, dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Penyerahan pengajuan di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Nomor 1, Pontianak.

“Khusus untuk tanggal 17 (Juli), kita akan tunggu dari jam 08.00-24.00 WIB. Lewat itu, kita tidak melayani lagi partai politik yang mendaftar ke KPU,” katanya.

Setelah penerimaan pengajuan, proses selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi berkas persyaratan daftar bacaleg. Tahapan ini dimulai pada 5-18 Juli.

“Kalau ada partai politik itu sudah mendaftar, KPU itu sudah bisa melakukan verifikasi berkas caleg, mulai dari tanggal 5-18 Juli,” kata Erwin.

Jika terdapat bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS), lanjut Erwin, maka ada masa perbaikan di mana waktunya bersamaan dengan tahapan pengumuman hasil verifikasi kepada parpol pada 19-21 Juli nanti.

“KPU akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada partai politik itu mulai tanggal 19-21 Juli. Masih ada masa perbaikan persyaratan,” tuturnya. (qrf)