Relawan Sukiryanto Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

oleh -270 views
Suasana Bimtek Relawan Sukiryanto se-Kecamatan Pontianak Barat.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com Ratusan relawan calon DPD RI Nomor urut 39 Dapil Kalbar, Sukiryanto mengikuti pembekalan atau Bimtek untuk menghadapi Pemilu pada 17 April mendatang.

Bimtek yang menyasar relawan se-Kecamatan Pontianak Barat ini, digelar di Kafe Hitam, Jalan RE Martadinata, Selasa (9/4).

“Relawan se-Pontianak Barat, salah satunya misalnya kelurahan Sungai Beliung yang terdiri dari 181 TPS jumlah relawan 60 orang untuk dibekali dalam melaksanakan tugas dan fungsi relawan Sukiryanto di lapangan dalam menghadapi Pemilu nanti,” kata Ketua Koordinator Relawan, Muhammad Ridwan.

Ridwan menjelaskan tugas dan fungsi relawan yaitu pertama memantau suara calon DPD RI Sukiryanto ketika hari H Pemilu di setiap TPS. Kemudian yang kedua adalah memberikan pemahaman agar di lapangan tidak ada kesalahpahaman, terutama jangan sampai terjadi politik uang atau money politic.

Dalam Bimtek tersebut, hadir sebagai pembicara Ketua Panwascam Bapilu Pontianak Barat, Dussafiq, Ketua Kordinator Relawan Pontianak Barat, M Ridwan, Yoga dan Suheri Nasrul.

Ketua Panwascam Bapilu Pontianak Barat, Dussafiq menyampaikan, jangan sampai terjadi atau praktik politik uang dalam Pemilu nanti. “Karena jelas sanksi tegas yaitu penjara tiga tahun dan denda Rp25 juta dan bisa berakibat negatif pada calon,” kata Dussafiq.

Dussafiq menyampaikan, jika ada politik uang, masyarakat atau relawan mempersilakan mengadukan kepada Panwascam.

“Tentu harus memiliki syarat formil dan materil, ada yang melapor dan yang terlapor, kejadian di mana dan kapan  serta saksi minimal dua orang dilengkapi dengan KTP, kalau memenuhi syarat formil dan materil akan diproses,” jelasnya.

Untuk itu Dussafiq mengimbau agar Pemilu kali ini dapat mengubah paradigma masyarakat terkait politik uang.

“Tapi dengan bergerak mengajak masyarakat untuk melakukan hak pilih tanpa politik uang, sehingga Pemilu 2019 bermartabat,” jelasnya.

Salah seorang tim  relawan, Yoga menyampaikan bahwa Bimtek relawan memberikan semangat kepada relawan untuk tidak berpolitik uang dalam Pemilu. “Jangan gunakan politik uang di lapangan,” tegas Yoga. (*)