KPK Umumkan LHKPN Paslon, Cabup Mempawah Rudhy Bachtiar Tertinggi

oleh -1.536 views
Cabup Mempawah Rudhy Bachtiar.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Calon Bupati Mempawah, Rudhy Bachtiar, menjadi calon kepada daerah dengan jumlah kekayaan terbanyak dari 18 pasangan calon Pilkada serentak di Kalbar.

Sebagaimana diumumkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pembacaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang masuk di PPLHKPN KPK, harta kekayaan Rudhy Bachtiar sebesar Rp 39.952.046.634.

Sedangkan calon dengan harta kekayaan terendah, ditempati Calon Wakil Bupati Kayong Utara, Bukhori. Ia memiliki harta kekayaan sebesar Rp 215.202.192.

Pengumuman LHKPN masing-masing calon kepala daerah oleh KPK ini, bertujuan sebagai sarana pengendalian internal bagi calon kepala daerah.

“Karena setiap perubahan hartanya harus dilaporkan setiap tahun dan dapat diawasi oleh masyarakat,” ujar Dian Patria, Koordinator Wilayah Korsupgah untuk Wilayah DKI dan Kementerian Lembaga Pusat, pada kegiatan deklarasi LHKPN masing-masing paslon di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (8/5/2018).

Dian mengatakan, LHKPN ini bisa menjadi salah satu instrumen bagi masyarakat untuk menilai calon kepala daerah, apakah mereka jujur dalam melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya.

KPK berharap, seluruh komponen masyarakat di Kalbar dapat berpartisipasi aktif memantau ketaatan para calon kepala daerah dalam mengumumkan harta kekayaannya.

Masyarakat juga diharapkan melaporkan ke KPK, jika ditemukan adanya harta kekayaan calon kepada daerah yang tidak dilaporkan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Deklarasi LHKPN ini, dirangkai dengan kegiatan pembekalan para calon kepala daerah ini. Program Pilkada berintegritas ini, dilaksanakan guna mendorong terbangunnya perilaku antikorupsi dan pencegahan korupsi paslon. (qrf)