KPU Singkawang: Kami Belum Menemukan WNA Terdaftar Dalam DPT

oleh -1.281 views
Umar Faruq.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang Divisi Data dan Informasi, Umar Faruq menegaskan, bahwa pihaknya tidak menemukan adanya warga negara asing (WNA) yang teridentifikasi masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Singkawang pada Pemilu 2019.

“Kami belum menemukan WNA terdaftar dalam DPT Singkawang,” ujarnya di Kantor KPU Singkawang, Jumat (8/3/2019).

Umar mengatakan, identifikasi tersebut berdasarkan pengecekan DPT dan diperkuat dari keterangan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Singkawang.

“Kami sudah mengkonfirmasi ke pihak Disdukcapil, memang tidak ada WNA yang merekam KTP-el. Dari keterangan ini, memperkuat bahwa dalam DPT yang sudah ditetapkan, tidak ditemukan WNA yang masuk dalam DPT Singkawang. Dalam pemutakhiran data pemilih ini, basisnya adalah administrasi kependudukan,” terangnya.

Di samping itu, Umar menambahkan, hingga saat ini pihaknya juga belum ada menerima masukan atau tanggapan masyarakat maupun peserta pemilu serta temuan dari pihak Bawaslu setempat terkait adanya dugaan WNA terdaftar dalam DPT Singkawang.

Kendati demikian, apabila memang ditemukan adanya dugaan WNA yang masuk dalam DPT, Umar menuturkan, silakan disampaikan ke pihak KPU.

“Kalau memang ditemukan dugaan WNA masuk dalam DPT, silakan sampaikan ke KPU untuk segera kami tindaklanjuti,” pintanya.

Sebagaimana diketahui, belakangan viral WNA yang memiliki KTP-el terdaftar dalam DPT nasional. Di Kalbar ditemukan dua warga asing, yakni berkewarganegaraan Belanda masuk dalam Kabupaten Melawi, dan warga Korea terdaftar di DPT Ketapang. Namun pihak KPU memastikan mencoret WNA yang terdaftar dalam DPT. (*)