KPK akan Umumkan Laporan Harta Kekayaan Paslon

oleh -1.479 views
Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan Direktorat PPLHKPN KPK, Adi Prasetyo.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan harta kekayaan calon kepala daerah Pilkada serentak 2018 Kalbar, yang telah dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) PPLHKPN KPK.

Rencananya, KPK akan mengumumkan LHKPN para calon di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (8/5/2018).

Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan Direktorat PPLHKPN KPK, Adi Prasetyo, mengatakan pengumuman akan disampaikan bersamaan dengan deklarasi seluruh calon kepala daerah.

“Besok (red, Selasa) juga kita adakan kegiatan deklarasi, di mana para calon kepala daerah ini akan mendeklarasikan harta kekayaan yang akan dilaporkan. Jadi akan dibacakan dan akan kita tampilkan harta-harta apa saja yang sudah dilaporkan,” ujarnya usai sosialisasi komunitas pemilih berintegritas di Aula Kantor KPU Provinsi Kalbar, Pontianak, Senin (7/5/2018).

Baca juga: KPK Ajak Publik Selektif Memilih Kepala Daerah

Adi menuturkan, untuk setiap kandidat yang lolos dalam pencalonan Pilkada serentak, seluruhnya telah menyerahkan LHKPN. Deklarasi yang akan diadakan besok, dimaksudkan kembali mempertegas komitmen para calon dalam melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya.

KPK berharap, dalam Pilkada serentak, masyarakat selektif dalam memilih calon pemimpin daerahnya. LHKPN dapat menjadi salah satu instrumen yang bisa digunakan masyarakat, sejauh mana para calon jujur dan berintegritas dalam melaporkan harta kekayaan yang dimiliki.

“Harapan kami, dengan kita memberikan sosialisasi hari ini, sehingga besok rekan-rekan sekalian dan masyarakat bisa menilai apakah harta yang sudah dilaporkan besok itu adalah sudah jujur, sudah sesuai dengan apa yang dimilikinya,” pungkas Adi. (qrf)