Milton Menilai Pemerintah Kurang Serius Menangani Kathutla

oleh -2.048 views
Paslon nomor urut 1 Milton-Boyman.

KUBU RAYA, KILASKALBAR.com – Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1 Milton Crosby menilai, selama ini pemerintah kurang serius dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan (kathutla) di Kalbar.

“Pemerintah kurang serius menangani itu. Dalam program-programnya itu, tadi saya setuju sepertinya sebuah retorika, tapi di dalam praktiknya hanya sewaktu-waktu saja,” ujar Milton menanggapi penjelasan Paslon nomor urut 2, Karolin-Gidot, terkait upaya penanganan rehabilitasi hutan di Kalbar, pada acara debat publik kedua di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (5/5/2018).

Dari penjelasan Karolin maupun tanggapan dari cagub nomor urut 3, Sutarmidji, yang menjelaskan upaya rehabilitasi dengan penanaman kembali, Milton menanggai, bahwa penanaman kembali itu haruslah dilakukan penghitungan dan tanaman jenis apa yang akan ditanam.

Sebab, terang Cagub berpasangan dengan Boyman Harun ini, apabila tanaman yang ditanam tidak memiliki nilai ekonomis, maka ia pastikan sedikit respon masyarakat terhadap solusi tersebut.

“Kita harus kembali ke nilai ekonomis, tetapi nilai ekonomis yang nantinya pemerintah harus intervensi di dalamnya,” jelasnya.

Milton mencontohkan, apabila penanaman kembali dengan bibit karet, maka pemerintah harus berani mengintervensi harga jual karet itu bisa naik. (qrf)