Midji Katakan Penanganan Lahan Gambut Selama Ini hanya Slogan

oleh -1.688 views
Sutarmidji-Ria Norsan.

KUBU RAYA, KILASKALBAR.com – Calon Gubernur Kalbar Sutarmidji menilai, penanganan masalah hutan gambut dan lahan kritis di Kalbar selama ini hanyalah slogan belaka.

Hal itu ditegaskannya menanggapi jawaban Cagub nomor urut 2, Karolin Margret Natasa, terkait upaya rehabilitasi hutan, dalam acara debat publik kedua Pilgub Kalbar yang diadakan oleh KPU Provinsi di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (5/5/2018) malam.

“Saya melihat selama ini penanganan masalah hutan gambut kemudian lahan kritis, itu hanya slogan saja,” ujar Sutarmidji.

Baca juga: Karolin-Gidot Kedepankan Kearifan Lokal dalam Mengelola SDA di Kalbar

Buktinya, kata Cagub nomor urut 3 yang karib disapa Midji ini, setiap tahunnya lahan gambut di Kalbar berkurang. “Apakah itu sengaja atau karena kebakaran,” ucap dia.

Menurut Midji, pemerintah terdahulu seolah tidak punya keinginan untuk mencari solusi yang efektif untuk mencegah penangan lahan gambut.

Paslon nomor urut 3, Midji-Norsan, menawarkan solusi penanganan lahan gambut dengan mengganti tanaman yang dapat merusak lahan dengan menanam pohon keras.

“Solusi yang kami tawarkan adalah mengganti di daerah gambut itu dengan tanaman keras, tanaman tahunan, yang itu pasti terjaga,” kata dia.

Untuk menjaga lahan, terang Midji, haruslah melibatkan masyarakat.

“Masyarakat yang menanam itu pasti menjaganya. Tidak mungkin dia akan melakukan pembakaran lahan dan lain sebagainya. Nah, ini yang harus kita lakukan,” pungkasnya. (qrf)