Besok KPU Singkawang Serahkan Hasil Rekapitulasi Pilkada Kalbar ke Provinsi

oleh -2.157 views
Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, menyerahkan salinan hasil rekapitulasi Pilkada Kalbar tingkat kota ke tim pemenangan pasangan Sutarmidji-Ria Norsan, Rabu (4/7/2018).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kalbar 2018 tingkat Kota Singkawang di Aula Hotel Sentosa, Rabu (4/7/2018).

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kota.

“Jadi proses selanjutnya, kotak suara dan hasil penghitungan suara ini akan kita kirim ke KPU Provinsi pada Kamis (5/7/2018),” ujarnya.

Dirinya mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara juga akan dilakukan KPU Provinsi pada tanggal 7-9 Juli 2018.

Kepada tim pasangan calon, diimbau untuk dapat menahan diri dengan tidak melakukan reaksi-reaksi yang tidak baik terhadap hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Kota Singkawang.

“Kepada paslon yang unggul maupun yang tidak unggul, mari kita sama-sama menahan diri. Artinya, paslon yang unggul jangan terlalu euforia, sedangkan paslon yang tidak unggul diharapkan berlapang dada serta ikhlas menerima hasil rekapitulasi kita pada hari ini,” katanya.

Total suara berdasarkan hasil perolehan dari rekapitulasi perhitungan di tingkat Kota Singkawang, pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Milton-Boyman, memperoleh sebanyak 1.732 suara. Paslon nomor urut dua, Karolin-Gidot, 37.330 suara. Sedangkan paslon nomor urut tiga, Sutarmidji-Norsan, memperoleh 52.023 suara.

Jumlah surat suara sah sebanyak 91.085, dan surat suara tidak sah sebanyak 1.021. Adapun rincian perolehan suara masing-masing pasangan calon di tiap kecamatan, di Kecamatan Singkawang Barat pasangan calon nomor urut satu memperoleh sebanyak 203 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh sebanyak 11.187 suara dan pasangan nomor urut tiga memperoleh sebanyak 7.350 suara.

Di Kecamatan Singkawang Selatan, pasangan nomor urut satu memperoleh sebanyak 415 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh sebanyak 11.282 suara dan pasangan nomor urut tiga memperoleh sebanyak 7.976 suara.

Di Kecamatan Singkawang Tengah, pasangan nomor urut satu memperoleh sebanyak 393 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh sebanyak 6.038 suara dan pasangan nomor urut tiga memperoleh sebanyak 23.615 suara.

Di Kecamatan Singkawang Timur, pasangan nomor urut satu memperoleh sebanyak 368 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh sebanyak 6.555 suara dan pasangan nomor urut tiga memperoleh sebanyak 2.097 suara.

Di Kecamatan Singkawang Utara, pasangan nomor urut satu memperoleh sebanyak 353 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh sebanyak 2.268 suara dan pasangan nomor urut tiga memperoleh sebanyak 10.985 suara.

Salah satu tim pemenangan paslon nomor urut tiga, Urai Wawan, menyatakan, hasil peritungan yang di lakukan KPU sangat memuaskan.

“Ya kita harap keunggulan Sutarmidji dapat bertahan hingga penghitungan cepat di provinsi nantinya,” tuturnya. (mizar)