Antisipasi Ujaran Kebencian, Panwaslu Singkawang Lakukan Monitoring Akun Medsos

oleh -1.599 views
Anggota Panwaslu Kota Singkawang, Robi

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Meski belum terpantau akun-akun yang propikatif atau yang menyebarkan ujaran jebencian terutama di wilayah Singkawang, namun pihak panwaslu Kota Singkawang telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan adanya ujaran kebencian.

Anggota Panwaslu Kota Singkawang, Robi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, seperti selalu mematau atau memonitoring akun – akun yang melakukan ujaraan kebencian.

“Sejauh ini ada terdapat beberapa akun yang melakukan ujaran kebencian. Namun kita tetap melakukan tindakan dengan cara berkoordinasi kepada pemilik akun tersebut,” ujar Robi, Jumat (4/5/2018).

Untuk itu lanjut dia, sambung Robi, pihaknya selalu melakukan upaya pencegahan dan jika memang akun tersebut melakukan pelanggaran dan akan ditindaklanjuti.

“Kita selalu melakukan sosialisasi, pencegahan dan penindakan serta melakukan koordinasi, karena koordinasi itu penting guna pencegah ujaran kebencian atau pofokatip,” paparnya.

Robi menyebutkan, jika memang ada akun lain silahkan laporkan di kabupaten/kota sesuai daerah masing-masing.

“Jika kaitannya ke pilkada akan kita lihat kontennya dan kita kaji dulu. Sejauh ini kita belum ada laporan dari timses atau para pendukung paslon,” katanya.

Jika mengarah ke ujaran kebencian, sebut Robi, maka akan di serahkan ke ranah kepolisian.

“Untuk itu kita selalu melakukan monitoring terhadap akun – akun yang ada di medsos,” jatanya. (mizar)