Relawan Midji-Norsan Siap Amankan dan Kawal Surat Suara di Kapuas Hulu

oleh
Relawan Bhineka Tunggal Ika siap kawal suara Sutarmidji dan Ria Norsan di Kapuas Hulu

KAPUAS HULU, KILASKALBAR.com – Dalam safari kampanye Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji- Ria Norsan di Kabupaten Kapuas Hulu selama tujuh hari selalu didampingi oleh relawan Bhineka Tunggal Ika Midji-Norsan yang diketuai oleh Daniel Setiawan.

Sekadar diketahui Daniel merupakan putra asli Dayak Uudanum dari Kecamatan Serawai yang sudah merindukan pemimpin yang bisa mengayomi semua suku, golongan dan etnis.

“Itulah kenapa relawan Midji-Norsan ini diberi nama Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Relawan Bhineka Tunggal Ika berposko di Kabupaten Sintang dengan total relawan sebanyak 300 orang yang telah menyebar di Timur Kalimantan Barat. 

Menurut Daniel, 300 orang relawan tersebut akan menjadi pendamping saksi saat pencoblosan tanggal 27 Juni mendatang di luar saksi dari koalisi partai.

“Selain mengikuti kampanye Sutarmidji – Ria Norsan, tugas utama kami adalah melakukan pengamanan dan pengawalan suara dari Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi,” ungkapnya.

Hal itu dilakukanya sebab menurut Daniel hal tersebut untuk mengantisipasi kecurangan di pilkada seperti money politic dan intimidasi. “Karena terkadang masih ada intimidasi. Ini yang kami antisipasi,” katanya.

Pengamanan tersebut akan dilakukan Relawan Bhineka Tunggal ika di daerah transmigran yang ada di Timur Kalbar. 

“Relawan akan melakukan pengamanan pemilih di daerah transmigrasi yang ada di Timur Kalbar,” jelasnya. 

Bahkan menurut Daniel akan dibuatkan posko di daerah tersebut. “Posko tersebut alan dibuat tiga hari sebelum pencoblosan,” jelasnya.

Lebih lanjut Daniel mengatakan 300 relawan yang direkrutnya itu sudah melalui penyaringan sangat ketat.

“Mereka sudah mempunyai komitmen dan keberanian. Mereka ini orang pilihan yang sudah siap siaga selama 24 jam,” katanya.

Sebagai mana diketahui 12 orang relawan diturunkan Daniel untuk mendampingi safari kampanye Sutarmidji- Ria Norsan di Kabupaten Kapuas Hulu. 

Selama pendampingan, Daniel melihat respon masyarakat Kapuas Hulu terhadap pasangan calon Gubernur  dan Wakil Gubernur Kalbar, Sutarmidji – Ria Norsan snagat luar biasa. 

“Kami yakin, setelah kunjungan pak Sutarmidji tersebut, angka presentase pemilihnya akan naik di Kapuas Hulu,” katanya.

Keyakinan Daniel tersebut didasari karena Sutarmidji  – Ria Norsan telah berkunjung sampai ke desa-desa pelosok. “Hal ini sudah baik dilakukan dan tepat sasaran,” sambungnya.

Menurutnya juga masyarakat Kapuas Hulu sudah tidak ragu lagi dalam memilih Sutarmidji  – Ria Norsan untuk menjadi pemimpin Kalbar. 

“Karena Midji-Norsan merupakan sosok yang unggul, terpercaya dan banyak bukti yang sudah ditorehkannya. Itu yang membuat masyarakat percaya,” ujarnya.

Daniel meyakini kegiatan yang dilakukan relawan dibawah naungannya ini akan berhasil mengawal Midji-Norsan karena diakui dirinya, kegiatan yang sama sudah dilakukannya pada saat kampanye gubernur dua periode lalu.

Diakui Daniel relawan Bhineka Tunggal Ika sudah mendapat pengukuhan dari Sutarmidji – Ria Norsan bahkan menurutnya Sutarmidji merespon positif keberadaan relawan ini karena mempunyai tujuan dan kegiatan yang jelas dan terarah.

Dikatakan Daniel, relawan Bhineka Tunggal Ika selalu berkoordinasi dengan koalisi partai sehingga kegiatannya selalu diketahui  koalisi partai.

Daneil mengatakan saat dirinya dan relawan Bhineka Tunggal Ika melakukan kegiatan yang sudah berjalan di tiga Kabupaten yang ada di Timur Kalbar.

“Mereka (Dayak) dalam memilih tidak peduli lagi suku melainkan mereka menginginkan pemimpin yang bisa memimpin masyarakat dan bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat Kalbar.

“Midji Norsan layak menjadi pemimpin Kalbar dan saya yakin menang di pilkada 27 Juni mendatang,” pungkasnya.

(Media Center Midji Norsan)