Lagi, Calon Anggota KPU Kabupaten Dilaporkan Warga

oleh -2.002 views
Amirudin (kiri) menyerahkan laporan ke Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah.

SAMBAS, KILASKALBAR.com – Tiga calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas periode 2018-2023, dilaporkan oleh salah satu warga Sambas, Amirudin, ke KPU Kalbar, KPU RI, Bawaslu Kalbar, Bawaslu RI, Tim Seleksi dan Ombudsman Kalbar, Senin (30/4/2018).

Amir melaporkan calon anggota KPU Kabupaten Sambas berinisial MH, SD dan SH, lantaran ketiganya terindikasi tidak netral, memiliki hubungan dengan parpol maupun salah satu paslon dalam Pilkada serentak 2018.

“MH mengajak mendukung pasangan cagub, calon DPR RI dan DPRD melalui medsos dan mantan timses bupati terpilih. SD salah satu pengurus sayap partai, SH staf ahli partai di DPRD Sambas,” ungkapnya, Selasa (1/5/2018).

Kepada KILASKALABAR.com, tokoh pemuda Sambas ini menunjukkan bukti indikasi ketiga calon anggota tersebut. Bukti itu berupa tulisan status di media sosial, SK sayap partai, dan bukti sebagai staf ahli partai di dewan kabupaten.

Baca juga: Giliran Dua Calon Anggota KPU Sekadau Dilaporkan Warga

Amir menjelaskan, laporan disampaikan karena sebagai masyarakat dia berharap agar nantinya para komisioner KPU Kabupaten Sambas yang terpilih benar-benar lepas dari berbagai kepentingan politik.

“Selaku masyarakat, kita tidak mau KPU kita diisi oleh orang tidak netral karena bisa merusak proses demokrasi,” katanya.

Ia mengungkapkan, bahwa laporan masyarakat sesungguhnya sudah jauh hari disampaikan, sebelum 10 calon diumumkan. “Namun belum digubris oleh tim seleksi,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Amir juga melaporkan tim seleksi calon anggota KPU kabupaten/kota zona II yang dinilai enggan menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

“Saya juga membuat laporan terkait kinerja tim seleksi yang tidak mencermati laporan yang ada,” pungkasnya. (qrf)