4 Orang Korban Kapal Tenggelam Berhasil Diselamatkan

oleh -1.283 views
Tim SAR tengah menangani salah satu korban kapal tenggelam.

KUBU RAYA, KILASKALBAR.com – Kapal Tug Boat Sari Benua dengan seorang nahkoda dan tiga ABK, tenggelam karena mengalami kebocoran di sekitar Pulau Mas Tiga, Kabupaten Kuburaya, Selasa (12/6/2018).

Sebelum akhirnya ditemukan oleh kapal nelayan sekitar yang melintas di lokasi kejadian setelah mendapatkan informasi dari Kapal SAR KN-214 Pontianak 02, keempat orang nahkoda dan ABK sempat terkatung-katung di lautan.

Usai ditemukan, keempat orang itu dibawa ke Pulau Mas Tiga. Selanjutnya keempat korban dievakuasi menggunakan KN 214, yang saat itu sedang melakukan pencarian, dan dibawa menuju Pontianak.

Sebelumnya, diketahui Kapal Tug Boat Sari Benua mengalami kebocoran di Perairan Padang Tikar, Kabupaten Kuburaya. Kejadian itu dilaporkan Sulaiman, keluarga salah satu awak kapal, pada Selasa (12//6/2018) sekira pukul 02.50 WIB.

Tug Boat Sari Benua tersebut berangkat dari Muara Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Senin (11/6/2018) sekitar pukul 17.00 WIB dengan tujuan Jakarta. Akan tetapi diperjalanan, Selasa pukul 22.23 WIB, nahkoda menelepon keluarganya menceritakan kejadian tersebut.

“Tadi pagi kami mendapatkan laporan tersebut, kami respons dengan berkoordinasi dengan Polsek Muara Kubu, Lanal Muara Kubu, dan Pol Air Muara Kubu dan Melaporkan berita tersebut kepada SROP Pontianak untuk disebar kepada kapal-kapal yang melewati derah tersebut,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, kepada awak media membenarkan laporan tersebut, Rabu (13/6/2018).

Ia mengatakan telah memberangkatkan satu kapal penyelamat KN 214 Pontianak untuk melakukan pencarian dan penyelamatan. KN 214 sendiri telah melakukan penyisiran dengan luas area 527 NM.

“Dengan telah ditemukannya kesemua korban dengan selamat, maka operasi SAR terhadap keempat korban dinyatakan selesai dan ditutup,” katanya.

Adapun empat orang yang berhasil diselamatkan, yakni Abdurahman (nahkoda), Robi, Atong, dan Aardiansyah (ABK). (qrf)